Sejarah Pendirian Twitter, Ide Seorang Mahasiswa DO yang Terinspirasi dari SMS

Ahmad Haidir
Kamis 23 Juni 2022 21:20 WIB
Sejarah Pendirian Twitter, Ide Seorang Mahasiswa DO yang Terinspirasi dari SMS
Sejarah pendirian Twitter. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Sejarah pendirian Twitter menarik untuk diulas. Sebagaimana diketahui, Twitter adalah salah satu platform media sosial yang tidak asing lagi bagi banyak orang di dunia.

Aplikasi berlogo burung berwarna biru ini telah digunakan sebanyak lebih dari 217 juta pengguna berdasarkan data 2021.

Di balik kegunaannya yang bersifat micro-blogging dimana orang ‘hanya’ bisa membagikan suatu informasi dengan jumlah karakter tulisan singkat, ternyata Twitter punya sejarah pendirian cukup panjang.

Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/6/2022) berikut sejarah pendirian Twitter. Yuk disimak!

Sejarah Pendirian Twitter

1. Berawal dari Perusahaan Podcast

Cikal bakal Twitter justru berasal dari sebuah perusahaan teknologi yang menghasilkan layanan podcast bernama Odeo yang didirikan oleh Evan Williams dan Noah Glass. Untuk nama yang disebut pertama adalah seorang techpreneur yang telah sukses mengembangkan platform ‘Blogger’.

Evan Williams bersama Noah Glass yang merupakan sahabatnya kala itu berusaha untuk menciptakan inovasi lainnya setelah meraup cuan miliaran dolar AS setelah menjual Blogger kepada Google. Keduanya bersama salah seorang rekan dari Google yakni Biz Stone kemudian mendirikan Odeo.

Sayang, project untuk mengembangkan inovasi teknologi baru tersebut tidak berjalan mulus tatkala perusahaan raksasa internet Apple meluncurkan platform podcast untuk iPod di tahun 2005 lalu yang tentu saja mengancam kelangsungan bisnis rintisan mereka.

 

1
/
2