Sekjen PBB Sebut Internet dan Media Sosial Jadi Wadah Ujaran Kebencian, Ingatkan Dampaknya

Wahyu Budi Santoso
Senin 20 Juni 2022 22:21 WIB
Sekjen PBB Sebut Internet dan Media Sosial Jadi Wadah Ujaran Kebencian, Ingatkan Dampaknya
Sekjen PBB sebut internet dan media sosial jadi wadah ujaran kebencian (Foto: celebrities.id /Pixabay)Ā 

GENEWA, celebrities.id - Ā Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) António Guterres, Ā memperingatkan bahwa ujaran kebencian berbahaya bagi semua lapisan masyarakat dan menjadi kewajiban semua pihak untuk memeranginya.

Dalam ajang memperingatkan stigma dan diskriminasi yang ditimbulkan oleh internet dan media sosial, akhir pekan lalu, Guterres menyebut internet dan media sosial kini menjadi ajang tebar kebencian.

"Internet dan media sosial telah menjadi platform untuk mengekspresikan kebencian, memungkinkannya menyebar seperti api melintasi perbatasan," kata Sekjen PBB seperti dilansir dari Xianhua, Senin (20/6/2022).Ā 

Menjadi krusial pasalnya, menurut pandangan Sekjen PBB ini. Ujaran kebencian sudah merasuk kedalam sendi-sendi sosial dalam hubungan masyarakat, dan berpotensi memecah belah.

“Ujaran kebencian menghasut kekerasan, merusak keragaman dan kohesi sosial, serta mengancam nilai dan prinsip yang menghubungkan kita semua” tuturnya lagi.

Dan pada praktiknya, media sosial secara gamblang telah mempromosikan rasisme, xenofobia dan prasangka terhadap perempuan.Ā 

"Itu membuat individu dan masyarakat tidak manusiawi, dan itu memiliki dampak serius pada upaya kami untuk mempromosikan perdamaian dan keamanan, hak asasi manusia, dan pembangunan berkelanjutan," ucapnya.

Ā 

1
/
2