Selain Cristian Gonzales, Ini 4 Pemain Asing Terkenal yang Pindah Kewarganegaraan Indonesia

Litbang MPI
Minggu 03 Oktober 2021 08:30 WIB
Selain Cristian Gonzales, Ini 4 Pemain Asing Terkenal yang Pindah Kewarganegaraan Indonesia
Cristian Gonzales pindah kewarganegaraan Indonesia setelah menikahi Eva Nurida Siregar. (Foto: celebrities.id/Instagram @eva_ellococg10)

JAKARTA, celebrities.id – Lima pemain asing terkenal ini mantap memutuskan pindah kewarganegaraan Indonesia. Siapa sajakah mereka?
 
Ada banyak faktor yang membuat pemain asing banyak yang bermain di Indonesia. Mulai dari antusiasme suporter yang begitu hidup hingga rasa nyaman tinggal di Indonesia.

Saking nyamannya dengan kehidupan di Indonesia, beberapa pemain asing bahkan ada sampai pindah kewarganegaraan Indonesia alias jadi Warga Negara Indonesia (WNI). 

Dengan status ini, mereka berkesempatan untuk membela timnas Indonesia. Berikut ini adalah lima pemain asing yang berpindah kewarganegaraan Indonesia lalu bela Timnas Indonesia, dirangkum Minggu (3/10/2021).

5. Diego Michiels

Diego Michiels lahir dan meniti kariernya sebagai pemain sepak bola di Belanda. Diego memulai kariernya menjadi pemain sepak bola di Indonesia saat direkrut oleh Pelita Jaya Karawang. 

Performa yang bagus ditunjukkan Bersama klub ini, hingga pada SEA Games 2011, Diego dipanggil oleh PSSI untuk bergabung dengan timnas U-23. Akibat hal ini, Diego melepaskan kewarganegaraan Belanda dan menjadi warga negara Indonesia. 

Membela Indonesia di ajang internasional, Diego Michiels adalah seorang bek sayap modern yang sangat penting perannya. Beberapa klub pernah memasukkan Diego kedalam timnya seperti Pelita Jaya, Arema Malang, Persija IPL, Sriwijaya FC, dan Mitra Kukar.

4. Cristian Gonzales

Cristian Gonzales adalah pesepak bola dengan asal Uruguay yang resmi berpindah kewarganegaraan pada 3 November 2010 lalu. El Loco yang merupakan julukan Cristian Gonzales memantapkan untuk pindah warga negara setelah menikahi Eva Nurida Siregar yang merupakan orang Indonesia.

El Loco membuat kariernya di Indonesia menjadi sangat bersinar di mana menorehkan gol terbanyak yaitu 224 gol dalam ajang Liga Indonesia. Dia dikenal dengan kemampuannya sebagai striker kelas satu. 

Gol yang ditorehkan membuatnya dipanggil oleh Timnas Indonesia dan bergabung dalam tim Merah-Putih untuk ajang Piala AFF 2010. Di Piala AFF 2010, Cristian Gonzales berhasil antarkan Timnas Indonesia ke final.

3. Victor Igbonefo

Kecintaannya pada sepak bola Indonesia menyebabkan Victor Igbonefo menjadi pemain naturalisasi Indonesia. Sebelumnya Victor merupakan warga negara Nigeria. 

Kecintaannya dimulai pada usianya 29 tahun di mana dia masuk ke Liga Indonesia dan memperkuat Persipura Jayapura sejak tahun 2005. Setelah pertandingan selama enam musim, Victor diakui sebagai salah satu pemain terbaik dalam pentas Liga Indonesia. 

Victor sangat ingin untuk memperkuat Timnas Indonesia yang akhirnya dibantu oleh PSSI untuk berpindah warga negara dan menjadi pemain naturalisasi timnas. Saat ini, Igbonefo diketahui membela Persib Bandung di Liga 1 2021-2022.

 

1
/
2