Selain Indonesia, Tradisi Unik saat Lebaran Juga Ada di Turki dan 5 Negara Ini

Wilda Fajriah
Kamis 13 Mei 2021 20:30 WIB
Perayaan unuk Lebaran diseluruh dunia, salah satunya di Turki. (Foto: celebrities.id/Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Di Indonesia, Lebaran selalu identik dengan tradisi membeli pakaian baru, membuat kue, hingga menyediakan hidangan khas yang hanya dimasak saat Lebaran.

Selain itu, ada juga tradisi memberikan uang kepada anak-anak. Sebenarnya, tak hanya Indonesia saja yang punya tradisi unik saat Lebaran. Merangkum berbagai sumber, Kamis (13/5/2021), berikut tradisi dan keunikan Lebaran yang dilakukan oleh negara lain.

1. Kosovo

Jika hari raya Idul Fitri disebut Lebaran di Indonesia, beda halnya dengan Kosovo. Di sana, Idul Fitri dikenal dengan sebutan Bajram. Proses pelaksanaan Bajram tak jauh berbeda dengan di Indonesia dimana hal pertama yang akan dilakukan adalah menunaikan ibadah salat eid.

Di Kosovo, salat eid hanya dilakukan oleh para pria sedangkan para wanita akan sibuk di rumah untuk mempersiapkan berbagai makanan tradisional khas lebaran di Kosovo seperti Pite, Borek, Baklava dan lainnya.  

2. China

Melakukan ziarah kubur atau nyekar merupakan salah satu tradisi hari Idul Fitri yang cukup umum di Indonesia. Tetapi, ternyata enggak cuma di Indonesia, karena masyarakat China pun melakukan hal serupa.

Masyarakat muslim yang berada di provinsi Yunan, China memiliki tradisi berziarah ke makam Sayyid Ajjal al-Dinar Omar pada hari raya Idul Fitri.

 

1
/
3