Selain Putih Telur, 6 Bahan Alami Ini Dapat Kecilkan Pori-Pori Wajah Lho

Laras Dwi Sasmita
Minggu 25 Juli 2021 14:56 WIB
Selain Putih Telur, 6 Bahan Alami Ini Dapat Kecilkan Pori-Pori Wajah Lho
Boldsky

JAKARTA, celebrities.id - Putih telur mengandung banyak manfaat, terutama bagi mereka yang menginginkan perawatan wajah secara alami. Salah satunya mengecilkan pori-pori wajah.

Pori-pori wajah yang besar menjadi salah satu masalah pada kulit wajah yang sering meresahkan wanita. Pasalnya kondisi tersebut dapat menarik masalah kulit lainnya, seperti jerawat dan komedo, lebih-lebih pada orang dengan kulit berminyak.

Penyebab utama pori-pori menjadi embesar yaitu kelebihan sebum, kotoran, dan bakteri yang menumpuk pada kulit. Banyak treatment dan produk skincare mahal memang dapat membantu mengatasi masalah ini. 

Namun, ketika menggunakan bahan alami dapat memastikan bahwa kulit tidak terkena bahan kimia keras. Melansir Healthshots, Minggu (25/7/2021), berikut ini bahan alami yang dapat kecilkan pori-pori wajah.

1. Es batu

Mengoleskan es batu pada kulit adalah salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan pori-pori besar. Es memiliki efek mengencangkan pada kulit dan itulah yang membantu mengecilkan pori-pori besar. Metode ini juga menambahkan kesehatan kulit dengan meningkatkan sirkulasi darah di wajah. 

Lakukan dengan memasukkan beberapa es batu ke dalam waslap dan mengoleskannya ke kulit wajah selama beberapa detik. Jika tak ada es dapat diganti dengan membasuh muka dengan aie es dingin.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel dikenal dengan toner alami yang memiiki sifat anti-inflamasi dan antimikrobanya untuk membantu mengobati jerawat. Lebih penting lagi, mengembalikan keseimbangan pH kulit dan mengencangkan kulit dengan mengurangi pori-pori besar.

Campurkan satu sendok teh cuka sari apel dengan dua sendok teh air. Rendam bola kapas dalam campuran dan oleskan pada wajah. Biarkan selama lima sampai sepuluh menit, bilas dan kemudian lembabkan kulit seperti biasa.

3. Putih telur

Putih telur akan membantu mengencangkan dan mengecilkan pori-pori besar. Membuat masker peel-off dengan putih telur sangatlah mudah. Masker ini obat yang sangat baik untuk menghilangkan minyak berlebih.
 
Untuk membuat masker ini, pisahkan putih telur dari kuning telur dan aduk rata. Oleskan ke seluruh wajah secara merata. Segera tutupi wajah dengan tisu, biarkan putih telur menempel seperti lem. 

Tunggu 10-15 menit sampai kering lalu lepas kertas tisunya. Sebagai alternatif juga bisa dengan membilas wajah dengan air. Lakukan metode ini dua kali seminggu.

 

1
/
2