Selebriti Dinilai Berpengaruh Besar dalam Memberantas Pinjol Ilegal, Kok Bisa?

Bima Setyadi
Selasa 14 September 2021 15:01 WIB
Selebriti Dinilai Berpengaruh Besar dalam Memberantas Pinjol Ilegal, Kok Bisa?
Nafa Urbach menjadi salah satu korban teror pinjol.  (Foto: celebrities.id/ Instagram @nafaurbach).

JAKARTA, celebrities.id - Pinjaman Online di era digitalisasi saat ini merupakan fenomena yang tak terhindarkan. Apalagi pada masa pandemi ini. Banyak Pinjaman Online yang memang resmi dan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun, tak sedikit yang tidak berizin atau ilegal. Akibatnya, banyak informasi dari masyarakat yang dirugikan oleh pinjaman online ilegal tersebut.

Menaggapi hal tersebut, pada 20 Agustus 2021 lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia (Kominfo) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Kemenkop UKM) memberikan pernyataan bersama komitmen memperkuat langkah-langkah pemberantasan pinjaman online ilegal. Di antaranya yaitu, Pencegahan; Penanganan Pengaduan Masyarakat dan penegakan hukum

Artis Nafa Urbach yang menjadi korban teror pinjol justru mempertanyakan peran pemerintah.  Melalui  laman instagram @nafaurbach yang dituliskan Kamis 8 September 2021 lalu, dia menceritakan bahwa setelah berkeluh kesah terkait adanya tagihan utang dari pinjol disertai ancaman dan teror, dirinya banyak mendapat DM dari netizen. Membaca pesan-pesan yang masuk dari netizen, Nafa mengaku sangat sedih. Apalagi dari data yang diterimanya banyak sekali kasus bunuh diri  yang disebabkan oleh pinjol.

Dalam kondisi seperti sekarang ini, kata Nafa banyak sekali rakyat menderita, yang miskin makin miskin dan yang sakit tidak bisa berobat bahkan untuk beli obat pun tidak berdaya.

"Apakah Pinjol menjadi solusi dan meringkan beban yang dipikul rakyat atau malah menjadi ancaman pembunuhan perlahan?."Bagaimana hal seperti ini bisa dibiarkan oleh pemerintah, dan mengapa pemerintah mengijinkan ini diperbolehkan ? Apakah pemerintah tau akibat orng yang susah dan tidak punya sudah pasti tidak bisa membayar ??? #suarahatirakyat #pinjolmeresahkan #bunuhdiridandibunuh #viralkan yuukk ( klo aku sekaya bill gates udh alu bayarin semua sayang aku belum sanggup bantu sebanyak inii," ujarnya.

 

1
/
2