Seni Grafis: Pengertian, Fungsi, Jenis, Contoh dan Sejarah

Bertold Ananda
Jumat 05 Agustus 2022 14:29 WIB
Seni Grafis: Pengertian, Fungsi, Jenis, Contoh dan Sejarah
Seni grafis merupakan cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak. (Foto: Pexels)

JAKARTA, celebrities.id - Seni grafis merupakan salah satu cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak.

Karya seni ini hadir dengan menggabungkan ide gagasan yang  modern, sebab proses pembuatannya dituangkan menggunakan teknologi komputer atau cetak yang canggih.

Namun sebelum mengimplementasikan seni grafis, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai sejarah, fungsi, jenis dan contoh dari seni grafis. Penjelasan ini dilakukan supaya kamu  memahami pondasi awal dalam membuat karya seni grafis.

Berikut ini celebrities.id telah merangkum dari beberapa sumber, Jumat (5/8/2022) terkait pengertian, sejarah fungsi, jenis, contoh dari seni grafis.

Pengertian Seni Grafis

Seni grafis merupakan keterampilan karya seni dua dimensi yang modern sebab pembuatannya dilakukan  melalui metode cetak atau printing. Seiring berjalannya waktu keterampilan seni grafis semakin berkembang pesat dan dapat kamu temui dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah adanya poster, baliho yang merupakan hasil keterampilan seni grafis.

Fungsi Seni Grafis

Dalam pembuatannya, seni grafis terbagi atas beberapa fungsi. Apa saja diantaranya? Berikut  uraian lengkapnya.

  • Menyampaikan pesan
  • Media apresiasi seni
  • Media promosi
  • Sebagai pelengkap keindahan karya seni
  • Menyalurkan hobi
  • Sebagai media ekspresi
  • Sebagai tambahan penghasilan

Jenis Seni Grafis

Seni grafis terbagi dalam beberapa jenis berdasarkan teknik pembuatannya.

1. Teknik Cetak Tinggi (Woodcut)

Pertama kali teknik cetak tinggi (woodcut) dipopulerkan oleh seorang penemu  bernama Johanes Gutenberg. Teknik satu ini membuat cetakan gambar yang menonjol seperti relief. 

Teknik cetak tinggi disebut juga sebagai woodcut karena pembuatannya dahulu dilakukan dengan mencungkil kayu dan karet. Namun saat ini teknologi telah berkembang sehingga pembuatannya diganti menggunakan bahan karet lino yang  lebih mudah untuk dibuat.

2. Teknik Cetak Datar (Lithography)

Teknik Lithography juga digunakan dalam pembuatan karya seni grafis di era tahun 1798. Pertama kali teknik cetak dasar dipopulerkan oleh sang  penemu bernama Alois Senefelder. Teknik ini dibuat dengan menggunakan  tolakan  minyak yang dibuat dengan memakai media batu kapur (limestone).

 

1
/
2