Sensasi Unik Es Cendol Ikan Nila Cianjur, Cocok untuk Dessert

Mochammad Andi Ichsyan
Sabtu 25 September 2021 13:34 WIB
Sensasi Unik Es Cendol Ikan Nila Cianjur, Cocok untuk Dessert
Sensasi unik mencicipi es cendol ikan nila. (Foto: Instagram @vsamperuru)

CIANJUR, celebrities.id - Inilah es cendol ikan nila yang bisa dijadikan referensi menu penutup makan siang. Meski berbahan dasar ikan, sajian es cendol unik ini dijamin manis segar dan tidak ada amis.

Setidaknya butuh empat bulan bagi Indra Wahyu Buldansyah, pria 30 tahun asal Kampung Cinengah Girang, Desa Sukanagalih, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat menemukan komposisi yang pas untuk menu racikannya itu. Dia sempat gagal dan mencoba beberapa jenis ikan hingga akhirnya sukses membuat menu unik es cendol dari ikan nila.

Berawal aktivitas sehari-hari berjualan ikan segar, Indra memanfaatkan melimpahnya stok ikan untuk dijadikan suatu sajian yang berbeda. Harapannya, agar masyarakat yang tidak suka ikan tetap bisa merasakan makan ikan dengan sensasi rasa berbeda.

Pembuatan es cendol ikan nila ini sama seperti es cendol pada umumnya yakni menggunakan tepung beras, tepung sagu, garam, daun pandan, gula merah, serta yang lainnya. Namun, khusus cendol ikan, proses pengolahan ikan dimulai dari pengukusan, filet, kemudian daging ikan dihakuskan menggunakan blender, hingga kemudian disangrai hingga kering.

 

1
/
2