Seorang Mixologist Harus Pahami Karakter Tamu dalam Meracik Minuman, Begini Tantangannya

Icon CameraWiwie Heriyani
Senin 23 Januari 2023 21:49 WIB
Seorang Mixologist Harus Pahami Karakter Tamu dalam Meracik Minuman, Begini Tantangannya
Profesi mixologist harus paham karakter orang dalam meracik minuman. Foto: celebrities.id/YpuTube Perindo)

JAKARTA, celebrities.id - Seorang Mixologist memiliki tantangan tersendiri dalam meracik minuman. sebab, setiap tamu yang datang memiliki karakter yang berbeda-beda. 

Tidak hanya tamu, jenis minuman pun begitu beragam, mulai cocktail hingga mocktail. Semua ini mudah dijumpai saat berkunjung ke bar. 

Seperti pada kebanyakan minuman maupun makanan lain, setiap orang umumnya memiliki selera minumannya masing-masing. 

Setiap orang bisa memiliki selera jenis minuman cocktail atau pun mocktail yang beragam. Namun, sadarkah Anda jika jenis minuman tersebut juga bisa mewakili kepribadian seseorang, loh!

Mitos atau fakta dan Anda mau percaya atau tidak, hal itu lumrah-lumrah saja. Namun, Mario Pupin Al Bugis, salah seorang yang berprofesi sebagai Mixologist menyebutkan, bahwa seorang mixologist di bar memang kerap meracik minuman sesuai dengan karakter para tamu yang kerap mengungkapkannya sendiri ketika memesan minuman di meja bar. 

“Jadi sebenarnya semua bartender atau mixologist itu harus tau karakter semua minuman. Dia harus paham juga. Ketika tamu duduk di depan bareng, ketika dia duduk di depan bar dia pasti punya keinginan, wah gue pengen minum ini nih, jadi kita udah tau yang dia mau apa dan karakternya kaya apa,” ujar Mario dalam Podcast Aksi Nyata di YouTube Partai Perindo, Senin (23/1/2023).

Salah satunya, misalnya karakter seseorang yang lemah lembut yang kebanyakan cocok disajikan dengan segelas cocktail atau mocktail yang memiliki cita rasa cenderung sweet atau manis. 

Menurut Mario, meski memiliki ciri khas resep minuman sendiri, hal itulah yang menjadi tantangan bagi para mixologist untuk tetap profesional dan memiliki basic skills yang luas terhadap resep minuman agar bisa menyajikan berbagai karakter minuman.

“Kalau untuk basic skill tuh harus paham jenis-jenis karakter minuman dan dia harus tau standar knowledge recipe cocktail, itu kan butuh standar knowledge,” ujarnya.

“Sebenarnya mixologist tuh punya karakter masing-masing. Karakternya itu lebih jadi di bar itu dia ada beberapa jenis minuman, itu yang membedakan beberapa mixologist. Jadi dia bisa milih salah satu kategori minuman untuk menggambarkan karakter dia,” katanya lagi.

Editor : Hadits Abdillah

Follow Berita Celebrities di Google News