Serial Squid Game Terinspirasi dari Banyak Hal, Begini Kata sang Sutradara

Andaru Danurdana
Jumat 24 September 2021 23:19 WIB
Serial Squid Game Terinspirasi dari Banyak Hal, Begini Kata sang Sutradara
Drakor Squid Game tayang September 2021. (Foto: celebrities.id/Soompi)

JAKARTA, celebrities.id - Drama Korea Squid Game akhirnya rilis pada 17 September lalu. Ketika rilis, banyak orang yang menganggap serial ini mirip dengan berbagai film dan juga manga. Ternyata, serial ini memang terinspirasi dari banyak media dengan genre serupa.

Melalui konferensi pers Squid Game yang diadakan pekan lalu, sutradara Hwang Dong-Hyuk mengaku bahwa serial ini terinspirasi dari banyak komik yang dia baca sejak debut sebagai sutradara di tahun 2007 silam.

Meski Squid Game bukanlah adaptasi langsung dari buku, komik, maupun manga apapun, tak bisa dipungkiri bahwa banyak elemen Squid Game yang dirasa mirip dengan banyak hal.

Sudah ditulis sejak 2008, Squid Game terinspirasi dari komik dan buku yang Dong-Hyuk baca di pertengahan tahun 2000-an. Pada masa itu, genre ‘death game’ atau permainan kematian memang diketahui sedang merajalela. Salah satu buku yang dianggap menginspirasi Squid Game antara lain Hunger Games, Gantz, bahkan film Battle Royale yang dianggap sebagai pelopor genre ini.

“Setelah debut dengan film My Father tahun 2007 silam, aku membaca banyak komik dan sangat terpukau dengan genre permainan bertahan hidup. Sejak saat itu, aku pun berencana membuat versi Korea dari genre ini,” ujar Dong-Hyuk dilansir dari Den of Geek, Jumat (24/9/2021).

Namun, meski sudah berusia lebih dari sepuluh tahun, naskah ini tak kunjung jadi karena banyaknya kesulitan mencari pendukung proyek berbau kekejaman dan kritik sosial seperti ini.

“Aku pertama menggarap Squid Game dari tahun 2008 dan selesai di tahun 2009, namun mencari aktor dan investor sangat sulit pada masa itu. Ide permainan sadis yang berujung kekayaan adalah sesuatu yang sulit diterima; kekejaman tiap permainannya pun menjadi bahan pertimbangan besar bagi banyak pihak. Akhirnya aku menyimpan naskah itu lama sekali,” katanya.

 

1
/
2