Sering Menunduk saat Menggunakan Smartphone? Waspada Ancaman Hernia Diskus dan Gangguan Penglihatan

Icon CameraRaden Yusuf Nayamenggala
Senin 21 November 2022 06:38 WIB
Sering Menunduk saat Menggunakan Smartphone? Waspada Ancaman Hernia Diskus dan Gangguan Penglihatan
Risiko kesehatan tulang dari bermain handphone. (Ilustrasi: Pexels/Limon Das)

JAKARTA, celebrities.id - Gaya hidup masyarakat yang tidak lepas dari gawai tentu menimbulkan risiko ternsendiri, terutama dalam hal kesehatan. Salah satunya adalah rasa nyeri leher dan punggung.

Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa meningkatnya nyeri leher dan punggung akibat smartphone bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Hal itu tidak hanya berisiko pada orang dewasa, juga pada anak-anak yang memiliki gaya hidup tersendiri dengan ponsel pintarnua.

Pasalnya, saat ini banyak orang tua yang membiarkan anak-anak mereka membawa dan menggunakan smartphone. Di satu sisi, kenyamanan dan aksesibilitas yang ditawarkan oleh smartphone bisa memudahkan berbagai hal, akan tetapo orang tua perlu waspada efek negatif yang ditimbulkannya tetutama dalam jangka panjang.

Pertama, paparan penggunaan smartphone yang berlebihan di usia dini, bisa memicu penglihatan anak yang buruk dan menghambat interaksi sosial.

Selain itu, sebuah studi baru-baru ini juga mendesak orang tua untuk mengurangi waktu anak-anak mereka dengan ponsel. Karena, telah terjadi peningkatan jumlah pasien yang terkena hernia diskus dan masalah keselarasan.

Sebagai informasi, hernia diskus merupakan kondisi medis yang melibatkan sobekan pada cincin luar diskus tulang belakang. Dalam beberapa kasus, cincin luar itu mungkin tidak sobek, tapi mengalami kerusakan yang sama dan menyebabkan gejala yang sama.

 

1
/
3