Sering Sakit saat Sudah Tobat, UAS: Allah SWT Membersihkan Dosamu

Ayuningtyas Notomihardjo
Kamis 16 September 2021 05:01 WIB
Sering Sakit saat Sudah Tobat, UAS: Allah SWT Membersihkan Dosamu
Ustadz Abdul Somad memberi tausiah soal nikmat sakit. (Foto: celebrities.id/Instagram)

JAKARTA, celebrities.id - Orang yang sakit bukan berarti sedang mendapatkan kutukan. Tetapi memeroleh sayang dan cinta dari Allah SWT.  Hal itu karena, Allah SWT memiliki cara tersendiri dalam menyayangi hamba-Nya.

Ustadz Abdul Somad (UAS) dalam sebuah tausiah online menuturkan, sakit merupakan cara Allah SWT menyayangi hamba-Nya dalam menghapuskan dosa. Menurut dia, Allah SWT memberikan penyakit dan ujian agar menjadikan hamba-Nya lebih dekat pada kebesaran-Nya.

“Sebelum hijrah, ketika masih makan riba, berzina dan minum khamir, sehat. Tapi saat sudah hijrah, kok malah sakit, mana ucapan Ustadz yang katanya sekali dekat dengan Allah maka bahagia?” kata Ustadz Abdul Somad, mengutip dari video TikTok @d.a_luckygirl, Rabu (15/9/2021).

“Allah membersihkan dosamu dengan memberikan penyakit,” kata Ustadz yang kini berusia 44 tahun tersebut.

Seperti umat muslim ketahui, menurut ajaran Islam ketika kita terserang penyakit pada saat itu pula dosa-dosa kita digugurkan. Ustadz Somad juga mengungkapkan penggalan ayat yang mengatakan jika orang yang tidak memiliki dosa tetapi terserang penyakit, berarti Allah SWT ingin mengangkat derajat orang tersebut.

Jika orang tersebut sudah memiliki derajat yang tinggi dan tidak memiliki dosa, berarti Allah akan menempatkan orang tersebut di makom yang paling tinggi. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam hadist riwayat muslim:

Artinya: “Tidak ada satupun musibah (cobaan) yg menimpa seorang muslim berupa duri atau yg semisalnya, melainkan dengannya Allah akan mengangkat derajatnya atau menghapus kesalahannya.” (HR.Muslim)

Editor : Dhita Seftiawan