Sering Tidak Lapar saat Pagi Hari? Penyebabnya Tidak Hanya Depresi Lho

Sellva Brilliancy Fernando
Jumat 18 Juni 2021 07:13 WIB
Anda tidak makan di pagi hari bisa jadi tengah depresi. (Foto: celebrities.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id – Tidak sedikit orang mengalami pengalaman tidak lapar saat pagi hari. Apakah Celeb Hitz juga mengalami hal sama?

Masalah ini jangan dianggap sepele. Meski tidak sedikit menganggap hal normal, bisa jadi Anda tengah mengalami masalah kebiasaan.

Untuk itu, kebiasaan makan lebih baik dijalani secara teratur. Pasalnya, pagi hari adalah waktunya perut harus diisi setelah sekian lama puasa dalam tidur.

Sebagaimana dilaporkan laman Healthline, Jumat (18/6/2021), berikut tiga kemungkinan penyebab perut tidak merasa lapar saat pagi hari.

1. Makan malam besar

Salah satu alasan utama mengapa perut tidak merasa lapar saat bangun tidur adalah karena Anda makan malam atau camilan dalam jumlah besar pada malam sebelumnya. Ini mungkin benar, terutama jika Anda makan makanan tinggi lemak atau protein.

Makronutrien tersebut dapat memperlambat pengosongan perut dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, bahkan hingga keesokan paginya. Demikian pula makanan berlemak tinggi bisa mengubah kadar hormon tertentu yang terkait nafsu makan serta perasaan kenyang yang menyebabkan penurunan rasa lapar.

2. Tingkat hormon berubah

Semalam dan saat tidur, kadar beberapa hormon dalam tubuh berfluktuasi. Ini bisa mengubah nafsu makan. Secara khusus, penelitian menunjukkan bahwa kadar epinefrin, juga dikenal sebagai adrenalin, cenderung lebih tinggi di pagi hari. Dipercaya bahwa hormon ini menekan nafsu makan dengan memperlambat laju pengosongan perut dan meningkatkan pemecahan karbohidrat yang disimpan di hati dan otot untuk bahan bakar tubuh Anda.

Perhatikan bahwa fluktuasi hormon harian ini sangat alami dan biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Namun jika Anda mengalami perubahan mendadak atau ekstrim dalam rasa lapar atau nafsu makan, pertimbangkan untuk berbicara dengan profesional kesehatan.

 

1
/
2