Apa Itu Sesar Cimandiri? Penyebab Gempa di Cianjur

Icon CameraAlifia Furaida Salsabila
Selasa 22 November 2022 14:51 WIB
Apa Itu Sesar Cimandiri? Penyebab Gempa di Cianjur
Sesar Cimandiri. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Mengenal Sesar Cimandiri yang menjadi penyebab gempa mengguncang wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dengan kekuatan 5,6 magnitudo pada Senin (21/11/2022).

Diketahui Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan jika gempa yang terjadi di Cianjur merupakan jenis gempa tektonik yang disebabkan oleh pergeseran sesar Cimandiri. Lalu apa itu sesar Cimandiri?

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Selasa (22/11/2022) telah merangkum tentang sesar cimandiri sebagai berikut.

Mengenal Sesar Cimandiri

Menurut studi Teknik Geologi Universitas Padjadjaran, Sesar Cimandiri yaitu sesar tua yang terbentuk karena adanya proses berlangsungnya orogenesa tahap II yaitu pada waktu akhir Eosen Tengah. Pada proses tersebut batuan sedimen Formasi Ciletuh berumur Eosen Tengah yang berbentuk di dalam Cekungan Depan Busur sudah terangkat ke permukaan. 

Seorang penulis bernama Iyan Haryanto mengatakan jika sesar cimandiri akan terus aktif hingga terbentuknya tinggian purba (paleo high) antara lembah ciletuh dan lembah cimandiri.

Iyan Haryanto juga menjelaskan jika sesar cimandiri dibagi menjadi dua sesar regional. Sesar cimandiri yang pertama yaitu berperan sebagai sesar naik yang dicirikan oleh deformasi lipatan batuan yang tegak dan sebagai sesar normal yang dicirikan dengan terbentuknya gawir sesar dengan kemiringan di atas 50 derajat.

Sesar Mandiri juga merupakan sesar yang aktif di Jawa Barat dengan arah orientasi timur laut barat daya. Tidak hanya di Cianjur saja, sesar Cimandiri juga sudah mengakibatkan gempa beberapa kali seperti Gempa Pelabuhan Ratu (1900), Gempa Padalarang (1910), Gempa Conggeang (1948), Gempa Tanjungsari (1972), Gempa Cibadak (1973), Gempa Gandasoli (1982) dan Gempa Sukabumi (2001). 

Editor : Tia Ayunita