Setelah Jabodetabek, Ini Wilayah yang Harus Migrasi Siaran ke TV Digital

Tangguh Yudha
Jumat 23 September 2022 18:49 WIB
Setelah Jabodetabek, Ini Wilayah yang Harus Migrasi Siaran ke TV Digital
Setelah Jabodetabek, ini wilayah yang giliran migrasi siaran ke TV digital. (Foto: celebrities.id/freepik)

JAKARTA, celebrities.id  - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) siap menyuntik mati siaran TV analog (ASO) di wilayah Jakarta Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mulai 5 Oktober 2022. 

Setelah wilayah Jabodetabek, ASO bakal dilakukan di beberapa kota besar lainnya.

Hal ini seperti disampaikan oleh Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Ditjen PPI) Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia dalam konferensi pers yang digelar pada Jumat (23/9/2022), menurutnya ASO bakal dilaksanalan mulai dari Bandung hingga ke Makassar.

"Menyusul nanti kota besar, hampir seluruhnya setelah Jabodetabek ini bersiap ada Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya. Kemudian setelah itu di luar Jawa nanti ada Banjarmasin, Bali, Palembang, kemudian Makassar," kata Geryantika.

Selain kota-kota besar yang dia sebutkan, Geryantika mengatakan sebenarnya ada 40 wilayah layanan lainnya yang berpotensi dalam waktu dekat memenuhi kriteria ASO. 

Namun, dia masih belum bisa merinci karena ke-40 wilayah ini masih akan dipantau dan disiapkan untuk menyambut siaran TV digital sepenuhnya.

Editor : Imantoko Kurniadi