Shin Tae-yong Sarankan Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh Main di Klub Luar Negeri, Kenapa?

Ilham Sigit
Senin 23 Mei 2022 11:47 WIB
Shin Tae-yong Sarankan Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh Main di Klub Luar Negeri, Kenapa?
Marselino Ferdinan, Egy Maulana, dan Rizky Ridho usai tanding dengan Malaysia. (Foto: celebrities.id/Isntagram @marselinoferdinan10)

HANOI, celebrities.id - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong yakin bahwa Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh akan menjadi bintang masa depan Timnas Indonesia. 

Untuk itu, pelatih asal Korea Selatan itu pun ingin Marselino dan Ronaldo berkarier di klub luar negeri. Hal itu guna melatih dan memaksimalkan potensi anak didiknya.

Marselino dan Ronaldo memang tak mengecewakan Shin Tae Yong dalam laga di SEA Games 2021. Keduanya pun menjawab kepercayaan sang pelatih dengan penampilan apik.

Marselino mencetak dua gol selama SEA Games 2021 berlangsung, padahal pemain Persebaya Surabaya itu berposisi sebagai gelandang. Sementara Ronaldo menjadi aktor yang ikut terlibat membawa Garuda Muda meraih perunggu kala mencetak gol ke gawang Malaysia U-23

Shin Tae-yong pun terkesan dengan potensi yang dimiliki keduanya. Pria berusia 52 tahun itu percaya bahwa Marselino dan Ronaldo akan menjadi bintang masa depan Timnas Indonesia.

“Marselino dan Ronaldo tampil baik dan banyak berkontribusi untuk tim di SEA Games ke-31 ini, saya pikir mereka akan menjadi bintang masa depan sepak bola Indonesia,” kata Shin Tae-yong dikutip Zing News, Senin (23/5/2022).

Oleh sebab itu, Shin Tae-yong ingin Marselino dan Ronaldo menimba ilmu di luar negeri. Dirinya yakin mereka bisa bersaing di kompetisi yang levelnya lebih tinggi, seperti Liga Jepang dan Korea Selatan.

“Mereka akan berkembang dan mampu bersaing, tidak hanya di Vietnam dan Indonesia, tetapi juga di Jepang dan Korea Selatan, atau dimana saja, asalkan mereka bersikap profesional,” katanya.

“Masih banyak kompetisi bagi mereka untuk banyak tumbuh dan berkembang,” ujarnya.

Di usia yang masih menginjak 17 tahun, Marselino dan Ronaldo sama-sama menjadi tulang punggung di klub masing-masing. Marselino tampil reguler bersama Persebaya Surabaya, sedangkan peran Ronaldo mengemban pera vital di lini depan Madura United.

Ronaldo sebenarnya sempat dirumorkan diminati klub Turki, akan tetapi tidak ada kabar lebih lanjut mengenai rumor transfer tersebut. Sementara nama Marselino pernah dimasukkan ke daftar 40 pemain muda terbaik di dunia versi media Inggris, The Guardian.

Editor : Lisvi Padlilah