Sifat Antibakteri Daun Mint Baik untuk Kecantikan Wajah, Mencerahkan hingga Obati Jerawat 

Novie Fauziah
Kamis 19 Agustus 2021 23:10 WIB
Sifat Antibakteri Daun Mint Baik untuk Kecantikan Wajah, Mencerahkan hingga Obati Jerawat 
Daun mint memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk memberikan kecantikan yang alami. (Foto: celebrities.id/ Instagram).

Saat digunakan dengan bahan yang tepat, daun mint dapat mengunci kelembapan di kulit dengan cara mengencangkan pori-pori. Selain itu, daun mint juga bisa melembutkan dan menenangkan kulit kering dan gatal karena

JAKARTA, celebrities.id - Daun mint memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk memberikan kecantikan yang alami. Ini karena daun mint memiliki sifat antibakteri yang cukup kuat. Kandungan tersebut sering digunakan dalam bahan untuk pembersih, astringen, toner, dan pelembap kulit.

Karenanya, ada sejumlah alasan daun mint dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Lewat 5 cara, berikut manfaat daun mint dapat membuat kulit perempuan makin cantik yang dikutip dari Stylecraze, Kamis (19/8/2021).

1. Mengobati Jerawat

Daun mint memiliki sifat antibakteri yang kuat dan mengandung asam salisilat, keduanya secara efektif dapat mencegah jerawat. Daun mint juga mengandung vitamin A, bisa mengontrol sekresi minyak pada orang yang memiliki kulit berminyak dan rentan berjerawat. Selain itu, dapat mengeringkan dan menghilang jerawat serta memperkecil ukuran pori-pori.

2. Menghilangkan iritasi

Iritasi pada kulit seperti gatal karena alergi atau gigitan nyamuk cukup mengganggu dan meninggalkan bekas yang biasanya bewarna merah.

Anda bisa mencegah dan menghilangkan iritasi tersebut dengan menggunakan daun mint. Sifat anti-inflamasi yang kuat dari bahan ini meredakan iritasi akibat gigitan nyamuk dan kondisi yang memperburuk kulit lainnya.

3. Mencerahkan

Ketika menyentuh kulit, mint memiliki efek yang sangat menyegarkan dan menenangkan. Jika Anda mengaplikasikannya menjadi sebuah tambahan makeup, maka akan merasakan sensasi sejuk dan juga sekaligus mencerahkan.

4. Menghilangkan Komedo

Komedo berasal dari tumpukkan kotoran yang mengendap di pori-pori bagian hidung. Untuk menghilangkannya, dapat menggunakan daun mint sebagai bahan alami agar kulit menjadi bersih tanpa kotoran.

5. Gunakan korektor warna

Jerawat dapat menyebabkan kemerahan, bekas luka dan perubahan warna pada wajah Anda, di situlah korektor warna datang untuk menyelamatkan.

Sebelum mengoleskan foundation dan concealer, gunakan korektor warna hijau untuk menyembunyikan dan menetralisir bekas luka atau kemerahan.

6. Selalu hapus riasan di penghujung hari

Terakhir, selalu ingat untuk menghapus riasan Anda di malam hari. Membersihkan wajah di malam hari sangat penting agar Anda dapat tidur dalam keadaan wajah bebas dari makeup dan kotoran.

Editor : Tedy Ahmad