Mengenal Silsilah Keluarga Cendana, Keluarga Presiden ke-2 RI Soeharto yang Miliki 6 Anak

Hasyim Ashari
Jumat 24 Juni 2022 15:15 WIB
Mengenal Silsilah Keluarga Cendana, Keluarga Presiden ke-2 RI Soeharto yang Miliki 6 Anak
Silsilah keluarga Cendana. (Foto: celebrities.id/Instagram @keluargacendana)

JAKARTA, celebrities.id - Silsilah keluarga Cendana, Presiden ke-2 RI Soeharto, sangat menarik untuk diketahui. Soeharto menjabat sebagai Presiden selama 32 tahun, dari 1967 sampai 1998 menggantikan Soekarno.

Lalu, bagaimana silsilah Keluarga Cendana?

Dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (24/6/2022), berikut ulasannya:

Silsilah Keluarga Cendana 

Presiden Soeharto lahir pada 8 Juni 1921 dari seorang wanita yang bernama Sukirah di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Kelahiran itu dibantu dukun beranak bernama Mbah Kromodiryo yang juga adalah adik kakek Sukirah, Mbah Kertoirono.

Dalam otobiografi Soeharto: Pikiran, Ucapan, dan Tindakan Saya, Soeharto mengaku bahwa dia bukanlah keturunan ningrat, melainkan orang desa. Soeharto adalah anak ketiga.

Tak lama setelah Soeharto dilahirkan, kedua orangtuanya bercerai dan ibunya menikah lagi dengan Atmopawiro kemudian melahirkan tujuh orang anak. Begitu juga dengan Kertosudiro yang menikah lagi dan memiliki empat orang anak.

Karier Soeharto hingga menjadi Presiden

Sebelum menjadi presiden, Soeharto adalah pemimpin militer pada masa Hindia Belanda dan Kekaisaran Jepang, dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal. Setelah Gerakan 30 September 1965, Soeharto kemudian melakukan operasi penertiban dan pengamanan atas perintah dari Presiden Soekarno, salah satu yang dilakukannya adalah dengan menumpas Gerakan 30 September dan menyatakan bahwa PKI sebagai organisasi terlarang.

Jenderal Soeharto ditetapkan sebagai pejabat presiden pada 12 Maret 1967 setelah pertanggungjawaban Presiden Soekarno (NAWAKSARA) ditolak MPRS. Kemudian, Soeharto menjadi presiden sesuai hasil Sidang Umum MPRS (Tap MPRS No XLIV/MPRS/1968) pada 27 Maret 1968. Selain sebagai presiden, dia juga merangkap jabatan sebagai Menteri Pertahanan/Keamanan. Pada 1 Juni 1968 Lama. Mulai saat ini dikenal istilah Orde Baru.

Menikah dengan Ibu Tien Tahun 1947 di Solo

Pada Oktober 1947, Soeharto didatangi oleh keluarga Prawirowihardjo yang tidak lain merupakan paman sekaligus orang tua angkatnya. Mereka berencana menjodohkan Soeharto dengan Raden Ayu Siti Hartinah, anak KRMT Soemoharyomo.

Silsilah keluarga Cendana. (Foto: celebrities.id/Instagram @keluargacendana)
Silsilah keluarga Cendana. (Foto: celebrities.id/Instagram @keluargacendana)

Soeharto yang kala itu sudah berusia 26 tahun mengaku belum memiliki calon, bahkan dia juga belum pernah menjalin hubungan asmara dengan wanita manapun. Keluarganya khawatir jika Soeharto bakal menjadi bujang lapuk.

Tanpa melalui proses pacaran, perkawinan antara Letnan Kolonel (Letkol) Soeharto dengan Siti Hartinah (yang kemudian dikenal dengan Tien Soeharto) segera dilangsungkan pada 26 Desember 1947 di Solo. Ketika itu, usia Soeharto 26 tahun, sedangkan Siti Hartinah berusia 24 tahun.

Dari perkawinannya Soeharto dan Ibu Tien dikaruniai enam orang anak yang terdiri dari tiga laki-laki dan tiga perempuan.

Di antaranya yaitu Siti Hardiyanti Hastuti (Tutut), Sigit Harjojudanto, Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Harijadi (Titiek), Hutomo Mandala Putra (Tommy), dan Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek).

Editor : Endang Oktaviyanti