Singapura Kembangkan Konsep Pembangunan Futuristik, Jadi Negara yang Nyaman untuk Tempat Tinggal

Adi Haryanto
Kamis 22 September 2022 07:48 WIB
Singapura Kembangkan Konsep Pembangunan Futuristik, Jadi Negara yang Nyaman untuk Tempat Tinggal
Konsep futuristik negara Singapura. (Foto: MPI/Adi Haryanto)

SINGAPURA, celebrities.id - Perubahan negara Singapura terlihat begitu drastis dalam pembangunan yang dilakukan pada periode 50 tahun terakhir. Wilayah jajahan Inggris yang asalnya kumuh ini menjelma menjadi negara yang bersih, aman dan nyaman untuk ditinggali.   

Konsep gambaran bagaimana Singapura berbenah terlihat jelas di Singapura City Galeri The Urban Redevelopment Authority (URA) Center yang beralamat di Maxwell Road Nomor 45. Di tempat ini bisa dilihat bagaimana Singapura menggeliat menjadi negara maju dan menjadi tempat investasi yang menjanjikan.  

URA adalah otoritas perencanaan kota nasional Singapura. Mengadopsi pendekatan perencanaan jangka panjang dan komprehensif untuk merumuskan rencana strategis seperti rencana konsep dan rencana induk untuk memandu pembangunan fisik Singapura secara berkelanjutan. 

Rencana dan kebijakan URA difokuskan pada pencapaian lingkungan hidup yang berkualitas untuk Singapura. Hal tersebut berhasil mewujudkan Singapura menjadi salah satu kota paling layak huni di Asia karena pembangunannya inovatif, futuristik, dan berwawasan ramah lingkungan.  

Salah seorang tour guide dari Society of Tour Guides yang mendapatkan lisensi dari URA, Jean Wang menerangkan, negara Singapura memiliki luas lahan yang kecil. Sehingga konsep pembangunan dibuat secermat mungkin dengan tetap beratokan pada long term plan.  

"Pembangunan yang dibuat harus berawasan ke depan, bukan hanya dinikmati oleh manusia sekarang, tapi juga anak, cucu, dan generasi yang akan hidup tanpa kita bisa melihat dan mengetahui siapa mereka," ucapnya saat memandu perwakilan jurnalis asal Indonesia bersama APRW Asia, beberapa waktu lalu. 

 

1
/
2