Sirkuit Losail Qatar Direnovasi, Mandalika Berpeluang Jadi Pembuka Gelaran MotoGP 2023

Fitradian Dhimas Kurniawan
Sabtu 14 Mei 2022 23:24 WIB
Sirkuit Losail Qatar Direnovasi, Mandalika Berpeluang Jadi Pembuka Gelaran MotoGP 2023
Sirkuit Losail Qatar direnovasi, Mandalika berpeluang jadi pembuka gelaran MotoGP 2023. (Foto: celebrities.id/Twitter MotoGP)

JAKARTA, celebrities.id - Sirkuit Losail, Qatar dipastikan tidak menjadi pembuka MotoGP 2023. Hal tersebut pun membuat sejumlah lintasan mengambil alih posisi untuk menggantikannya, salah satunya yakni Sirkuit Mandalika, NTB.

Sejak 2007, GP Qatar selalu menjadi pembuka MotoGP. Tradisi tersebut terus berjalan hingga musim ini. Lintasan tersebut bahkan baru memperpanjang kontrak untuk menjadi tuan rumah sampai 2031. Namun, hal tersebut tampaknya tidak akan terjadi pada 2023. Pasalnya, lintasan berjarak 5,3 km tersebut tengah menjalani renovasi.

Hingga saat ini, pihak MotoGP masih belum mengumumkan kalender untuk musim depan. Namun, dengan direnovasinya Sirkuit Losail, maka pembuka musim akan menuju lintasan lain. Seperti dikabarkan The Race, Sabtu (14/5/2022), hal tersebut pun membuat Sirkuit Mandalika berpeluang menjadi pembuka MotoGP 2023.

Hal itu mengingat MotoGP Indonesia menjadi balapan kedua pada musim ini. Namun, hal itu belum tentu terjadi. Pasalnya, waktu balapan di Sirkuit Mandalika terlalu pagi untuk penggemar di Eropa, yang menjadi basis utama MotoGP, kecuali waktu start diundur.

Opsi lain adalah menaruh seri pembuka kembali di Amerika Serikat, di Texas. Berbeda dengan Indonesia, jam balap AS memiliki waktu yang sangat mendukung untuk penggemar di Eropa.
Selain itu, tak menutup kemungkinan pembuka MotoGP 2023 kembali ke Eropa. MotoGP Spanyol diperkirakan menjadi kandidat utama, jika pembuka musim diselenggarakan di Eropa.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra