Sistem Pendeteksi Alkohol Jadi Standar Wajib Mobil Baru di AS, Upaya Pencegahan Kecelakaan 

Muhamad Fadli Ramadan
Rabu 21 September 2022 19:55 WIB
Sistem Pendeteksi Alkohol Jadi Standar Wajib Mobil Baru di AS, Upaya Pencegahan Kecelakaan 
Sistem pendeteksi alkohol jadi standar wajib mobil baru di AS. (celebrities.id/carscoops)

JAKARTA, celebrities.id – Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) menyerukan agar sistem pendeteksi alkohol menjadi perangkat standar pada mobil baru. 

Hal ini merujuk pada kecelakaan fatal di Hari Tahun Baru yang menewaskan sembilan orang, termasuk tujuh anak-anak. 

Dikutip dari Carscoop, agen federal menyatakan kecelakaan yang terjadi pada 2021 itu disebabkan oleh pengemudi yang mengalami gangguan kesadaran ketika sedang memacu kendaraannya dalam kecepatan tinggi. 

Oleh karena itu, Ketua NTSB Jennifer Homendy menegaskan perlunya alat pendeteksi alkohol pada pengendara untuk mencegah terjadi kecelakaan fatal. Pasalnya, sudah banyak kasus kehilangan nyawa di Amerika Serikat akibat berkendara di bawah pengaruh alkohol. 

“Teknologi dapat mencegah kecelakaan yang memilukan ini, sama seperti teknologi dapat mencegah puluhan ribu kematian akibat gangguan mengemudi dan kecelakaan terkait kecepatan yang kita lihat di AS setiap tahun,” kata Homendy. 

Jennifer Homendy berpendapat sistem deteksi pengendara sedang berada di bawah pengaruh alkohol perlu diterapkan sesegera mungkin di Amerika Serikat. Ini dapat membantu NTSB membuat beberapa rekomendasi sebagai akibat dari kecelakaan itu. 

Secara khusus, NTSB juga mendorong Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) untuk meminta sistem deteksi gangguan alkohol yang terintegrasi. Nantinya, kendaraan akan berhenti secara otomatis jika pengendara terdeteksi mengonsumsi alkohol. 

 

1
/
2