Situasi Pandemi Covid-19 di Indonesia dan Amerika Ternyata Sama, Terbagi Dua Kubu

Novie Fauziah
Minggu 18 Juli 2021 05:27 WIB
Badai pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Varian virus Covid-19 baru teridentifikasi sebagai virus yang cepat dan mudah menular. Buntutnya, korban meninggal dunia terus meningkat tajam, ditambah fasilitas kesehatan yang minim.
 
Dokter Spesialis Penyakit Menular dari University of Maryland, Amerika Serikat Dr. Faheem Younus MD mengatakan keadaan Indonesia saat ini tidak berbeda jauh dengan Amerika pada tahun lalu. Korban berjatuhan. Bahkan, fasilitas kesehatan pun tidak bisa menangani pasien.
 
"Indonesia itu tidak jauh berbeda dengan keadaan di Amerika Serikat satu tahun yang lalu," ujarnya saat webinar Optimis Indonesia Pulih bersama Simposium Covid-19 HF Indonesia, HF USA dan Gusdurian Indonesia, Sabtu (17/7/2021) malam.
 
Menurut dr. Faheem, ada dua kubu atau polar ekstrem yang terjadi pada masa pandemi Covid-19 ini. Keduanya umum ditemukan di masyarakat luas.

 

 
Kubu pertama adalah kubu penyangkalan. Orang-orang akan menyangkal adanya Covid-19, yakni dengan menciptakan isu-isu bersifat hoax yang membuat mereka bersikukuh tidak percaya virus tersebut. 
 
Kedua, yaitu terjadi orang-orang menjadi panik. Mereka takut dengan adanya Covid-19, serta panik akan tertular.
 
Lebih lanjut, kata dr. Faheem menyebut ada kemungkinan dua kubu itu bisa menjadi benar. Di mana orang-orang yang tidak percaya Covid-19 sebenarnya sedang panik karena takut tertular.
 
"Kemudian kemungkinan kebenaran yang murni dapat di tengah-tengahnya. Diantara dua kubu tersebut," ujar dia.

Editor : Andre Purwanto