Situs Presiden Mendadak Tidak Bisa Diakses, Kena Retas?

Icon CameraTangguh Yudha Ramadhan
Kamis 24 November 2022 13:46 WIB
Situs Presiden Mendadak Tidak Bisa Diakses, Kena Retas?
Situs Presiden mendadak tidak bisa diakses. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Situs presiden dengan alamat domain presiden.go.id dikabarkan tidak bisa diakses sejak Rabu (23/11/2022), malam.Ā 

Dalam keterangan website dikatakan bahwa penyebabnya bukan karena diretas, tapi karena belum membayar domain.

Ahli keamanan siber sekaligus Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC (Communication and Information System Security Research Center) menyebut kejadian ini membuktikan kurangnya awareness pemerintah terhadap aset digital.

Dia mengatakan bahwa hal ini sangat memalukan dan seharusnya tidak terjadi. Menurutnya jika kesadaran yang rendah ini terus dibiarkan, maka bukan tidak mungkin situs pemerintahan lainnya juga bisa diretas.

"Kejadian ini menjelaskan ke publik bagaimanan masalah siber, baik dari sisi keamanan dan maintenance masih jauh dari ideal. Apalagi ini situs kepresidenan, jangan-jangan jarang sekali dilakukan pengecekan berkala, sampai-sampai admin tidak tahu domainnya sudah expired atau kadaluwarsa," kata Pratama dalam pernyataan tertulis, Kamis (24/11/2022).

"Tentu ini bukan perkara harga domain yang seharusnya juga tidak seberapa. Ini murni masalah awarness dan ini masalah serius karena ini aset digital RI 1. Bayangkan saja akibat kurang pengecekan nantinya situs diretas dan diposting oleh peretas berbagai hal yang tidak sesuai, tentu akan mengundang polemik lebih jauh," tuturnya.

Ā 

1
/
2