Snapchat Bikin Fitur Kontrol Konten untuk Lindungi Anak Bawah Umur, Namanya Family Center

Icon CameraRedaksi Celebrities
Kamis 16 Maret 2023 22:40 WIB
Snapchat Bikin Fitur Kontrol Konten untuk Lindungi Anak Bawah Umur, Namanya Family Center
Snapchat rilis fitur Family Centre. (Foto: The Verge)

JAKARTA, celebrities.id - Snapchat meluncurkan content control untuk orangtua yang membantu mencegah anak-anak terpapar konten yang tidak pantas. Orangtua dapat mengakses filter konten dengan alat pengawasan Family Center Snapchat

Tujuan fitur ini  untuk memblokir konten ‘sensitif atau sugesti’ agar tidak muncul di Snapchat Stories atau pada umpan Spotlight anak-anak. Fitur ini dapat diaktifkan dengan memilih ‘Restrict Sensitive Content’ dalam pengaturan Family Center

Perlu digarisbawahi, mengaktifkan fitur ini tidak akan membatasi konten yang dapat dilihat anak di tempat lain pada aplikasi. Misalnya konten di Stories dan Spotlight Snapchat, Chat, Snaps, dan Search. Snapchat telah merilis Content Guidelines secara publik, merinci apa yang akan diblokir oleh filter baru tersebut. 

Melansir The Verge, Kamis (16/3/2023) Snapchat telah menerbitkan Content Guidelines kepada anggota komunitas untuk memberikan pemahaman mengenai konten apa yang termasuk dalam kategori sensitif atau sugesti. Pedoman ini menguraikan beberapa informasi tentang apa saja yang akan dibatasi dengan mengaktifkan filter, seperti bahasa yang cukup sugestif dan menebarkan tindak kekerasan. 

Pedoman tersebut juga membantu pengguna Snapchat untuk menentukan jenis konten yang langsung dilarang oleh pihak perusahaan. Selain itu dijelaskan juga konten seperti apa yang tidak memenuhi syarat untuk direkomendasikan di Stories atau Spotlight. Terakhir, ciri konten sensitif yang akan terpengaruh oleh filter baru tersebut. 

“Dengan menerbitkan pedoman konten lengkap ini untuk dibaca siapa saja, kami ingin menawarkan transparansi yang lebih besar ke dalam standar yang lebih kuat yang kami tetapkan untuk konten yang menghadap publik dan persyaratan kelayakan kami untuk distribusi,” kata Tim Snap dalam pengumumannya. 

Selanjutnya Snap berencana untuk menambahkan kontrol orang tua ke My AI, chatbot eksperimental Snapchat. Tidak ada tanggal rilis untuk pembaruan ini, tetapi dikabarkan segera diluncurkan.(Anjasman Situmorang )

Editor : Hadits Abdillah

Follow Berita Celebrities di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Celebrities.id tidak terlibat dalam materi konten ini.