Solusi Menghindari Zina akibat LDR, Ustadz Fauzan Amin: Opsi Pertama Puasa

Abdul Razak
Rabu 15 September 2021 05:05 WIB
Solusi Menghindari Zina akibat LDR, Ustadz Fauzan Amin: Opsi Pertama Puasa
Ilustrasi pernikahan (Foto: celebrities.id/Ist)

JAKARTA, celebrities.id - Pasangan suami istri yang terpaksa menjalani hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR) biasanya bermasalah dengan penyaluran kebutuhan seksual. Kondisi tersebut tak jarang membuat suami atau istri terperangkap dalam zina.

Lantas, bagaimana solusi untuk pasangan suami istri yang berhubungan jarak jauh, seperti prajurit yang harus bertugas jauh dari keluarga dalam waktu lama?

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadits Indonesia Ustadz Fauzan Amin mengatakan, ada solusi yang bisa dilakukan untuk tetap aman dan tidak jatuh ke dalam zina. Menurut dia, zina adalah hal yang sangat dilarang dan ditentang oleh Allah SWT.

"Gimana solusinya? Saya kasih mereka solusinya, opsi pertama puasa, olahraga atau beraktivitas normal, salat malam dan baca Alquran," tutur Ustadz Fauzan Amin saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (14/9/2021).

Selain itu, Ustadz Fauzan Amin juga mengatakan solusi lainnya adalah dengan sering mengingat keluarga di rumah dan lakukan video call. Apabila sangat dibutuhkan dan dalam kondisi darurat, dibolehkan untuk menikah lagi, tapi dengan catatan harus izin ke keluarga yang ada di rumah.

"Ingat keluarga di rumah lalu video call. Jika betul-betul darurat, nikah lagi dengan catatan izin baik-baik pada keluarga yang di rumah," tutur Ustadz Fauzan Amin.

Editor : Dhita Seftiawan