Sophia Latjuba Berusia 50 Tahun tapi Awet Muda dan Langsing, Ternyata Ini Rahasianya

Wilda Fajriah
Minggu 04 April 2021 07:02 WIB
Sophia Latjuba awet muda karena rajin yoga. (Foto: celebrities.id/Instagram @sophia_latjuba88)

JAKARTA, celebrities.id – Penampilan Sophia Latjuba tetap langsing dan awet muda. Padahal, usia dia sudah 50 tahun. Lantas, apa rahasianya?

Bukan tanpa rahasia, artis kelahiran 1970 ini memang gemar berolahraga. Jenis olahraga yang dia gemari adalah yoga.

Yoga merupakan jenis olahraga yang memiliki risiko rendah untuk cedera. Makanya, meski Sophia Latjuba sudah berusia 50 tahun, yoga tetap aman dilakukan. 

Selain itu, yoga juga memiliki sejumlah manfaat seperti dilansir MNC Portal Indonesia dari Healthline, Minggu (4/4/2021).

1. Dapat mengurangi stres

Yoga dikenal karena kemampuannya meredakan stres dan meningkatkan relaksasi. Faktanya, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat menurunkan sekresi kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres.

Satu studi menunjukkan pengaruh yoga yang kuat terhadap stres dengan mengikuti 24 wanita yang merasa tertekan secara emosional. Setelah program yoga selama tiga bulan, para wanita tersebut memiliki tingkat kortisol yang jauh lebih rendah. Mereka juga memiliki tingkat stres, kecemasan, kelelahan, dan depresi yang lebih rendah.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Dari memompa darah ke seluruh tubuh hingga memasok jaringan dengan nutrisi penting, kesehatan jantung Anda merupakan komponen penting dari kesehatan secara keseluruhan.

Studi menunjukkan bahwa yoga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung. Tidak jelas seberapa besar peran yoga dibandingkan dengan faktor lain seperti diet. Namun itu dapat meminimalkan stres, salah satu kontributor utama penyakit jantung.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur yang buruk telah dikaitkan dengan obesitas, tekanan darah tinggi dan depresi. Studi menunjukkan bahwa memasukkan yoga ke dalam rutinitas Anda dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Meskipun cara kerjanya tidak jelas, yoga telah terbukti meningkatkan sekresi melatonin, hormon yang mengatur tidur dan terjaga. Yoga juga memiliki efek signifikan pada kecemasan, depresi, nyeri kronis, dan stres yang merupakan penyebab umum masalah tidur.

 

1
/
2