Sosok RA Kartini dari Seorang Kutu Buku hingga Pejuang Emansipasi Wanita

Wilda Fajriah
Rabu 21 April 2021 10:45 WIB
RA. Kartini sosok pejuang emansipasi wanita. (Foto: celebrities.id/Multimedia)

JAKARTA, celebrities.id - Hari Kartini diperingati setiap tahun pada 21 April. Peringatan itu disesuaikan dengan kelahiran sang pahlawan emansipasi nasional, Raden Ajeng Kartini.

Raden Adjeng Kartini atau lebih sering dikenal dengan nama R.A. Kartini merupakan salah satu Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor emansipasi wanita pribumi kala itu.

Hal itu bermula ketika Kartini merasakan banyaknya diskriminasi yang terjadi antara pria dan wanita pada masa itu. Pasalnya beberapa perempuan tidak diperbolehkan mengenyam pendidikan tinggi, harus melaksanakan pingitan, serta tidak diberikan ruang gerak yang setara dengan laki-laki.

R.A. Kartini merupakan anak kelima dari 11 bersaudara dari pasangan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan M.A Ngasirah. Dia lahir pada 21 April di Jepara, Jawa Tengah. Keluarga Kartini adalah merupakan sosok bangsawan di Jepara. Sang Ayah dikenal sebagai Bupati di Jepara.

Kartini muda adalah sosok yang sangat menjunjung tinggi ilmu pendidikan dan pengetahuan. Dia sangat gemar membaca dan menulis. Sayangnya, cita-cita Kartini untuk sekolah terenggut lantaran sang ayah Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat meminta Kartini tidak perlu menimba ilmu tinggi. Hal itu yang membuat Kartini hanya sampai sekolah dasar saja pada usia 12 tahun.

Ia mengenyam pendidikan di Europese Legere School, di sekolah inilah yang membuat Kartini mahir berbahasa Belanda. Kartini berhenti bersekolah lantaran harus dipingit oleh sang ayah Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat.

 

1
/
4