Spektakuler! Pembukaan SEA Games 2021 Bakal Padukan Budaya dan Teknologi Augment Reality 

Cikal Bintang Raissatria
Kamis 12 Mei 2022 11:03 WIB
Spektakuler! Pembukaan SEA Games 2021 Bakal Padukan Budaya dan Teknologi Augment Reality 
Upacara pembukaan SEA GAMES 2021 padukan teknologi dan budaya. (Foto: celebrities.id/vnanet)

HANOI, celebrities.id – Perpaduan teknologi dan budaya diklaim bakal meriahkan upacara pembukaan SEA GAMES 2021. Tak hanya itu, acara tersebut juga akan menggambarkan perjuangan negara-negara Asia Tenggara yang berjuang bersama menghadapi pandemi Covid-19.

Upacara pembukaan SEA Games 2021 akan diselenggarakan di Stadion Nasional My Dinh, Vietnam pada Kamis (12/5/2022). 

Menjelang upacara pembukaan, General Director Upacara Pembukaan SEA Games 2021, Tran Ly Ly mengatakan bahwa acara tersebut akan menyuguhkan teknologi kelas dunia.

“Kami sudah mempersiapkan (upacara pembukaan ini) sebaik mungkin. Augmented Reality dan Standard Reality akan dipadukan dalam upacara pembukaan ini, sama halnya dengan acara olahraga besar lainnya,” kata Tran dikutip dari laman resmi SEA Games 2021, Kamis (12/5/2022).

Visualisasi dalam upacara pembukaan tersebut disebut akan tersaji sangat indah. Terutama dengan perpaduan teknologi dan budaya di dalamnya. Salah satu yang terlihat tengah disiapkan panitia adalah visual seekor naga emas yang paling mencolok.

Tak hanya itu, tarian-tarian yang sarat budaya juga menjadi menu utama upacara pembukaan itu. Ahli Teknologi Upacara Pembukaan SEA Games 2021, Nguyen Huu Thanh mengatakan, perpaduan tersebut divisualisasikan untuk menggambarkan budaya Vietnam dan Asia Tenggara.

“Pada tekstur visualisasi pemirsa dapat menonton gambar tiga dimensi tanaman padi simbol peradaban nasi putih Asia Tenggara,” papar Nguyen.

“Bambu mewakili kelenturan dan ketahanan orang Vietnam antara lain. Gambar ini akan diselingi dengan nyanyian dan tarian,” kata Nguyen melanjutkan.

Pada akhir upacara pembukaan, akan tersaji visualisasi yang menggambarkan kebangkita negara-negara di Asia Tenggara setelah pagebluk Covid-19. Hal ini juga untuk menggambarkan kekuatan negara Asia Tenggara sebagai salah satu benua di dunia.

Editor : Lisvi Padlilah