Spesifikasi Maung Kendaraan Operasional TNI, Miliki Kemampuan Manuver yang Gesit dan Tangguh di Segala Medan

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Rabu 18 Januari 2023 22:02 WIB
Spesifikasi Maung Kendaraan Operasional TNI, Miliki Kemampuan Manuver yang Gesit dan Tangguh di Segala Medan
Spesifikasi Maung Kendaraan Operasional TNI, Miliki Kemampuan Manuver yang Gesit dan Tangguh di Segala Medan. (Foto:celebrities.id/ Pindad.com)

JAKARTA, celebrities.id - PT Pindad (Persero) telah merilis model terbaru Maung, kendaraan operasional (Ranops) TNI yang bertujuan untuk meningkatkan mobilitas pasukan pengamanan di medan yang sulit.

Pindad merupakan perusahaan BUMN yang fokus pada perakitan senjata dan juga kendaraan khusus. Maung menjadi salah satu kendaraan yang diciptakan oleh perusahaan pelat merah itu sebagai kendaraan taktis ringan.  

Maung merupakan kendaraan untuk medan  offroad, yang diciptakan untuk mendukung operasi serta mobilisasi pertempuran jarak dekat dan jelajah dalam segala medan.
 
Kendaraan ini memiliki kemampuan manuver yang gesit. Direktur Teknologi dan Pengembangan PT Pindad Sigit Puji Santosa menyampaikan bahwa ini merupakan versi ketiga dari Maung. Kendaraan ini merupakan kombinasi untuk kegiatan pasukan di lapangan dan operasional komandan.

“Jadi, desain kita ada tiga seri, yang pertama yaitu Komando untuk komandan, seri kedua Jelajah untuk kombinasi lapangan dan operasional, serta seri ketiga adalah Tangguh untuk latihan tempur dan lain-lain, sehingga dapat dilengkapi dengan senjata,” kata Sigit dalam keterangan tertulis, Rabu (18/1/2023).

Menurut Sigit, Maung versi ketiga ini memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan dua versi sebelumnya. Kelebihan tersebut antara lain terletak pada kelincahannya dalam bermanuver dan dari sisi fungsionalitas kendaraan ini dapat menempuh berbagai medan. Seperti diketahui, Maung merupakan proyek PT Pindad yang platformnya dibuat di dalam negeri.

Hanya saja, mesinnya seutuhnya menggunakan milik Toyota Hilux 4x4 yang sudah terkenal keandalannya, Namun, ada beberapa komponen yang memang harus didapatkan dari luar negeri. Sehingga kadar Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Maung hanya sekitar 65 persen saat ini dan kedepannya akan berusaha ditingkatkan.

Untuk dimensinya, Maung buatan Pindad memiliki panjang keseluruhan 1.640 mm, tinggi 1.820 mm, dan wheelbase 3.090 mm. Kendaraan ini juga dibekali dengan velg 17 inci yang dilengkapi dengan ban Mud Terrain (MT) yang dapat melibat medan sulit. Maung dapat mengangkut empat orang personel dan memiliki lima pintu yang dapat diakses.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2
Topik Terkait