Spesifikasi Motor Listrik Gojek dan Grab, Ini Perbedaannya

Syifa Fauziah
Selasa 10 Mei 2022 22:34 WIB
Spesifikasi Motor Listrik Gojek dan Grab, Ini Perbedaannya
Spesifikasi motor listrik Gojek dan Grab, ini perbedaannya. (Foto:celebrities/Gojek.com)

JAKARTA, celebrities.id - Spesifikasi motor listrik Gojek dan Grab tengah ramai diperbincangkan. Maklum, kendaraan dengan tenaga listrik ini menjadi tren di dunia otomotif.

Gojek dan Grab nantinya akan menggunakan motor listrik untuk para mitranya. Gojek memilih produk lokal Gesits dan skuter listrik asal Taiwan bernama Gogoro. Sementara itu, Grab mengusung merek lokal yaitu Viar Q1 untuk motor listriknya.

Spesifikasi Motor Listrik Gojek dan Grab

Dilansir dari akun YouTube Bang Djuple, melalui unggahannya itu akun tersebut membagikan spesifikasi motor listrik Gojek. Gojek memiliki dua motor, yaitu Gesits dan Gogoro. Untuk motor Gogoro, biaya sewanya Rp40 ribu ribu sehari. Motor ini memiliki dua baterai untuk jarak tempuh 120km. Sementara itu untuk Gesits biaya sewa kitranya Rp30 ribu per hari. Untuk motornya diberi satu baterai untuk jarak tempuh 60 km.

Gesits memiliki tenaga puncak 5 kW atau setara 6,7 tk. Motor ini memiliki 3 mode berkendara, dan kecepatan maksimal yang dibatasi sampai dengan 70 kpj. Sementara itu, untuk Gogoro menghasilkan kecepatan maksimal mencapai 6,4 kW atau setara 8,7 tk.

Untuk pengisian daya baterai selama tiga hingga empat jam dapat menempuh hingga 50 km per baterai, jika menggunakan dual battery maka jarak tempuhnya mencapai 100 km. Sementara untuk Gogoro mengklaim dapat menempuh jarak mencapai 150 km untuk satu kali swap baterai, namun kendaraan harus konstan 30 km per jam.

Untuk motor Grab menggunakan merek lokal Viar Q1. Motor itu memiliki tenaga maksimal hingga 800 watt atau sekitar 1,08 tk yang dapat menempuh kecepatan hingga 60 kpj.

Saat pengisian baterai, bisa memakan waktu selama empat sampai lima jam yang dapat mencapai 60 kilometer.

“Tapi kita belum tau kekuatannya seperti apa karena setiap medan yang dilalui berbeda. Kaya di Bogor banyak tanjakan dan terjal. Nah apakah motor listrik ini mampu melewati itu? Kita belum tau,” ucap Bang Djuple.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra