Spotify Bakal PHK 6 Persen Karyawan, Janji Bakal Bayar Pesangon

Icon CameraTangguh Yudha Ramadhan
Selasa 24 Januari 2023 20:39 WIB
Spotify Bakal PHK 6 Persen Karyawan, Janji Bakal Bayar Pesangon
Spotify berencana PHK sebanyak 6 persen karyawannya. (Foto: celebrities.id/MNC)

JAKARTA, celebrities.id - Spotify dikabarkan akan memecat 6 persen karyawan. Dalam website resmi spotify, sang CEO, Daniel Ek telah mengumumkan kabar tersebut. 

Ek menegaskan bahwa perusahaan telah membuat keputusan untuk mengurangi basis karyawan mereka sekitar enam persen di seluruh perusahaan.

Ek mengatakan Spotify telah membuat langkah besar dalam meningkatkan kecepatan operasi perusahaan tetapi menambahkan mereka juga harus beroperasi secara efisien dengan jumlah karyawan yang sesuai dengan porsi dan kemampuan perusahaan.

"Saya bertanggung jawab penuh atas tindakan yang membawa kita ke sini hari ini," kata Ek seperti dilansir dari TechSpot, Selasa (24/1/2023).

Lebih lanjut Ek menyebut bahwa semua karyawan yang terkena dampak akan menerima uang pesangon, dengan rata-rata karyawan menerima gaji sekitar lima bulan berdasarkan metrik hal-hal seperti masa kerja dan persyaratan periode pemberitahuan lokal.

Semua waktu liburan yang masih harus dibayar dan tidak terpakai juga akan dibayarkan, dan karyawan yang keluar akan terus menerima asuransi kesehatan selama masa pesangon mereka.

Selain, Spotify juga memastikan semua karyawan terdampak akan memenuhi syarat untuk layanan outplacement selama dua bulan untuk membantu menemukan pekerjaan baru dengan dukungan dari tim SDM dan mobilitas Spotify.

Seorang juru bicara Spotify mengatakan kepada The Wall Street Journal bahwa PHK akan berdampak pada sekitar 600 karyawan, dan tidak menargetkan departemen tertentu. Ek juga mengumumkan beberapa perubahan kepemimpinan.

Ini karena Chief Content and Advertising Officer Dawn Ostroff telah memutuskan untuk keluar dari perusahaan. Di bawah kepemimpinannya, Spotify meningkatkan konten podcastnya hingga 40x lipat dan lebih dari dua kali lipat pendapatan yang dihasilkan dari bisnis periklanannya.

Terlepas dari kabar PHK, Ek mengatakan dia yakin bahwa 2023 akan menjadi tahun yang diisi dengan aliran inovasi yang stabil, tidak seperti apa pun yang telah mereka perkenalkan dalam beberapa tahun terakhir.

Editor : Hadits Abdillah

Follow Berita Celebrities di Google News