Stasiun Luar Angkasa China Nyaris Ditabrak Satelit SpaceX Elon Musk, Langsung Adukan ke PBB

Intan Rakhmayanti Dewi
Rabu 29 Desember 2021 15:55 WIB
Stasiun Luar Angkasa China Nyaris Ditabrak Satelit SpaceX Elon Musk, Langsung Adukan ke PBB
Stasiun luar angkasa China dua kali dipaksa menghindar agar tak bertabrakan dengan satelit kecil yang diluncurkan oleh SpaceX milik Elon Musk. (celebrities.id/MNC)

JAKARTA, celebrities.id - Stasiun luar angkasa China dua kali dipaksa menghindar agar tak bertabrakan dengan satelit kecil yang diluncurkan oleh SpaceX milik Elon Musk. Atas kejadian itu, pihak China mengadukannya kepada PBB.

Dalam insiden pada Juli dan Oktober, satelit milik SpaceX melayang sangat dekat dengan stasiun luar angkasa China.

Insiden tersebut berpotensi membahayakan kehidupan atau kesehatan astronot menurut China dalam sebuah catatan yang diajukan ke badan antariksa PBB baru-baru ini.

“Untuk alasan keamanan, Stasiun Luar Angkasa China menerapkan kontrol pencegahan tabrakan,” kata China, dikutip dari New York Post, Rabu (29/12/2021).

Satelit kecil yang terlibat dalam insiden itu termasuk di antaranya hampir 2 ribu satelit yang telah diluncurkan oleh divisi Layanan Internet Starlink SpaceX.

Seperti diketahui, Starlink ini mengirimkan internet ke pelanggan Earthbound di daerah terpencil yang memiliki sedikit akses ke penyedia layanan internet tradisional.

 

1
/
2