Stasiun Malang Kota Baru Tak Lagi Gunakan KTP untuk Boarding Pass, Pakai Sistem Face Recognition

Icon CameraAvirista Midaada
Jumat 17 Maret 2023 17:45 WIB
Stasiun Malang Kota Baru Tak Lagi Gunakan KTP untuk Boarding Pass, Pakai Sistem Face Recognition
Stasiun Malang Kota Baru tak lagi gunakan KTP untuk boarding pass. (Foto: Lukman Hakim/MNC)

MALANG, celebrities.id - Layanan berbasis teknologi diterapkan di Stasiun Malang Kota Baru. Layanan baru itu bernama face recognition boarding gate memudahkan penumpang kereta api (KA) jarak jauh yang mau melakukan boarding pass di stasiun.

Penerapan teknologi face recognition membuat penumpang tidak perlu menunjukkan dokumen seperti boarding pass fisik, e-boarding pass, KTP, hingga dokumen vaksinasi Covid-19.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, Face Recognition Boarding Gate merupakan salah satu bentuk inovasi KAI dalam hal peningkatan pelayanan pelanggan. 

Inovasi ini juga merupakan salah satu tindak lanjut dari penandatanganan kerjasama, antara KAI dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia pada 2 Februari 2022 yang lalu. 
KAI menghadirkan fasilitas Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Malang dalam rangka memastikan dan menyempurnakan layanan inovatif terbaru dari KAI. 

"Face Recognition Boarding Gate merupakan fasilitas layanan boarding yang dilengkapi dengan kamera yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan memvalidasi indentitas seseorang, melalui wajah yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta yang dimiliki hingga status vaksinasi pelanggan," ucap Luqman Arif di lokasi, Jumat (17/3/2023).

Menurutnya, bagi pelanggan yang ingin menikmati fasilitas ini harus melakukan registrasi di awal yang berlaku selamanya. Registrasi dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada alat e-KTP Reader. Kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader.

"Jika sudah melakukan registrasi, pelanggan tidak perlu lagi melakukan cetak boarding pass. Pelanggan dapat langsung menuju ke Face Recognition Boarding Gate jika waktunya sudah mendekati jam keberangkatan," ucapnya.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Celebrities.id tidak terlibat dalam materi konten ini.