Studi: Minum Kopi Sebelum Olahraga Bisa Mempercepat Pembakaran Lemak 

Diana Rafikasari
Sabtu 27 Maret 2021 23:30 WIB
Minum secangkir kopi kental sebelum berolahraga dapat membantu menurunkan berat badan. (Foto: celebrities.id/ Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Kabar baik untuk pecinta kopi. Menurut sebuah penelitian, minum satu cangkir kopi kental sebelum berolahraga dapat membantu menurunkan berat badan. Temuan ini dipublikasikan dalam Journal of the International Society of Sports Nutrition. 

Ilmuwan dari Departemen Fisiologi Universitas Granada (UGR) telah menunjukkan bahwa 3 mg per kilogram kafein setara dengan kopi kental yang diminum setengah jam sebelum latihan aerobik dan secara signifikan meningkatkan laju pembakaran lemak.

Dilansir Health Shots, peneliti juga menemukan bahwa jika olahraga dilakukan sore hari, efek kafein lebih mencolok daripada pagi hari.

“Anjuran berolahraga dengan perut kosong pada pagi hari untuk meningkatkan oksidasi lemak adalah hal yang lumrah. Namun, rekomendasi ini mungkin kurang memiliki dasar ilmiah karena tidak diketahui apakah peningkatan ini disebabkan oleh olahraga di pagi hari atau karena tidak makan untuk jangka waktu yang lebih lama,” jelas Francisco Jose Amaro -Gahete dari Departemen Fisiologi UGR, sebagai penulis utama penelitian.

 

1
/
2