Studi: Nonton Mukbang Mengurangi Kesepian

Muhammad Sukardi
Kamis 04 Agustus 2022 08:56 WIB
Studi: Nonton Mukbang Mengurangi Kesepian
Studi: Nonton Mukbang mengurangi kesepian. (celebrities.id/@gyukaku.id/Instagram)

JAKARTA, celebrities.id - Mukbang berbahaya bagi kesehatan, tapi menonton mukbang bisa mengurangi kesepian. Itu yang dilakukan sebagian orang saat ini, di mana mereka mengandalkan video mukbang untuk menemani sesi makan saat sendirian. 

Hal tersebut dijelaskan dalam paparan PijarPsikologi.org bahwa rasa sepi bisa hadir kapan pun, bahkan saat makan. Terlebih saat makan sendirian karena pada dasarnya menyantap makanan kesukaan itu akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga atau teman. 

"Nah, sebagian orang berusaha mendistraksi perasaan kesepian saat makan dengan menonton mukbang," tulis laporan tersebut, Kamis (4/8/2022). 

Dengan menonton mukbang saat makan, itu menciptakan situasi Anda ditemani makan secara virtual oleh orang lain. Benar begitu?

Bahkan, ketika lagi makan sendirian lalu menonton mukbang ikut berkomentar di video mukbang tersebut, itu seperti sedang terhubung dengan banyak orang. Perasaan kesepian pun semakin terdistraksi. 

Menariknya lagi, stimulasi visual dan audio yang ditampilkan video mukbang dianggap bisa menciptakan perasaan rileks dan menyenangkan. Itu alasannya kenapa ketagihan makan ditemani video mukbang. 

"Suara gigitan yang renyah, lalu tampilan makanan yang menggugah selera ternyata mampu menciptakan perasaan rileks dan menyenangkan untuk ditonton," tulis laporan tersebut. 

 

1
/
2