Studi: Temukan Varian Omicron Ternyata Serupa dengan Delta, Mengancam Nyawa Manusia

Rizky Pradita Ananda
Kamis 05 Mei 2022 16:06 WIB
Studi: Temukan Varian Omicron Ternyata Serupa dengan Delta, Mengancam Nyawa Manusia
Fakta terbaru soal Omicron, lebih berbahaya dari Delta. (Foto:celebrities.id/Freepik)

AMERIKA, celebrities.id - Varian Omicron dikenal lebih ringan dibandingkan dengan varian penyebab infeksi Covid-19 sebelumnya, yakni Delta. Nyatanya anggapan ini berbanding kontras dengan temuan dari hasil studi besar terbaru di Amerika Serikat. 

Dilapor Reuters, Kamis (5/5/2022), disebutkan varian Omicron dari virus SARS-CoV2 secara intrinsik disebut sama parahnya dengan varian sebelumnya, tidak seperti asumsi yang dibuat dalam penelitian sebelumnya bahwa memang lebih menular, tapi tidak menimbulkan kesakitan yang lebih parah dari varian yang sebelumnya.

Para ilmuwan yang terlibat mengatakan lewat peneltian berdasarkan catatan 130 ribu pasien Covid-19, dalam periode dua tahun terakhir ketika varian berbeda dominan di seluruh dunia. Mereka mendapati varian Omicron sama-sama punya risiko rawat inap dan bahkan hingga kematian yang hampir sama.

"Kami menemukan bahwa risiko rawat inap dan kematian hampir identik antar periode," ujar empat ilmuwan dari Massachusetts General Hospital, Minerva University dan Harvard Medical School yang terlibat dalam studi penelitian.

 

1
/
2