Studio Paramount Gugat Asuransi Penunggak Pembayaran Jaminan Kru Mission: Impossible 7

Kevin Koopman
Rabu 01 September 2021 19:05 WIB
Studio Paramount Gugat Asuransi Penunggak Pembayaran Jaminan Kru Mission: Impossible 7
Pemeran utama Mission: Impossible 7, Tom Cruise. (Foto: skynews)

CALIFORNIA celebrities.id - Paramount Studio mengambil langkah hukum terhadap Federal Insurance Company karena jaminan asuransi bagi kru produksi Mission: Impossible 7 tertunda. Padahal film sekuel action yang dibintangi Tom Cruise akan dirilis pada Mei 2022 mendatang.

Paramount melakukan gugatan tersebut di Pengadilan California. Gugatan Paramount Studio disanggah oleh Federal Insurance Company dan tergugat menolak untuk membayarnya. Dokumen-dokumen di pengadilan memperkuat dakwaan pelanggaran kontrak dan pelanggaran perjanjian tersirat tentang iktikad baik dan transaksi yang adil.

Tim kuasa hukum Paramount mengatakan bahwa pihaknya mengalami kerugian senilai lebih dari 100 juta dollar Amerika atau senilai Rp 1,4 triliun. Namun, perusahaan asuransi tersebut menanggapi bahwa kerugian atas gugatan tersebut hanya senilai 1 juta dollar Amerika atau setara Rp 14,3 miliar.

“Perilaku pihak asuransi Federal secara sadar mengabaikan hak-hak Paramount dan termasuk tindak penindasan, penipuan," kata kuasa hukum Paramount dalam pernyataan setebal 22 halaman.

Paramount bakal terus menuntut ganti rugi karena terkait bagian dari jaminan keselamatan para kru dan artis selama produksi film. Produksi Mission: Impossible 7 memang sempat terhenti beberapa kali, salah satunya akibat pandemi Covid-19. Syuting perdana film tersebut dimulai di Venice, Italia pada Februari 2020, tetapi dihentikan kurang dari sebulan kemudian karena salah satu kru jatuh sakit.

Produksi kembali ditunda karena pandemi global. Lalu, proses produksi dipindah ke Inggris, tetapi terhenti dan sempat dimulai ulang hingga beberapa kali. Penghentian yang terakhir dilakukan untuk ketujuh kalinya pada bulan Juni setelah salah satu kru dinyatakan positif Covid-19.

Kejadian serupa dialami televisi dan rumah film produksi lainnya. Film besutan Ben Affeck dan drama yang diproduksi Apple TV+ “The Morning Show” juga telah menggugat perusahaan asuransi mereka karena gagal membayar akibat dari efek pandemi. Perusahaan yang mereka gugat adalah induk dari Federal Insurance Company, yaitu Chubb National Insurance Company.

Editor : Dhita Seftiawan