Stunting Masih Jadi Momok di Tanah Air, Pemerintah Fokus Penanganan di 12 Provinsi Ini

Carlos Roy Fajarta
Kamis 04 Agustus 2022 12:33 WIB
Stunting Masih Jadi Momok di Tanah Air, Pemerintah Fokus Penanganan di 12 Provinsi Ini
Pemerintah fokus tangani stunting di 12 provinsi. (Ilustrasi: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Wakil Presiden RI Maruf Amin menyebutkan ada 12 provinsi yang saat ini menjadi prioritas pemerintah untuk mengatasi masalah stunting (gizi buruk) demi menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas.

Hal tersebut disampaikan Maruf Amin saat memimpin Rapat Kerja Percepatan Penurunan Stunting untuk 12 Provinsi Prioritas di Istana Wapres RI, Jakarta Pusat pada Kamis (4/8/2022).

Adapun tujuh provinsi dengan prevalensi Stunting tertinggi disebutkan Wapres yakni NTT, NTB, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Aceh.

Sedangkan lima provinsi dengan balita stunting terbanyak adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan Sumatera Utara.

"Pemerintah menargetkan prevalensi Stunting 14 persen pada 2024. Artinya kita harus menurunkan Stunting sebesar 10,4 persen pada waktu yang tersisa, ini tentu menjadi tantangan kita bersama," ujar Maruf Amin.

Pada 5 Agustus 2021, Presiden RI telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting dan sebagai dasar hukum pelaksanaan program percepatan.

 

1
/
2