Suara Azan Di-Remix Televisi Korea, Abdul Mu’ti: Kreativitas yang Merusak Makna

Widya Michella Nur Syahida
Kamis 09 September 2021 19:21 WIB
Suara Azan Di-Remix Televisi Korea, Abdul Mu’ti: Kreativitas yang Merusak Makna
Mnet mintaa maaf terkait episode pertama Street Woman Fighter. (Foto: celebrities.id/ YouTube).

JAKARTA, celebrities.id - Hastag #AdzanBukanMainan dengan 19,3 ribu sebutan menjadi trending di Twitter. Hal itu terjadi karena salah satu stasiun TV Korea Selatan, Mnet, meremix lantunan azan untuk dijadikan backsound musik acara Street Woman Fighter.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu'ti menyebutnya kreativitas yang keliru dan tidak sesuai tempat serta merusak makna azan.

“Merusak makna azan sebagai panggilan salat," kata Abdul Mu'ti saat dihubungi MPI, Kamis, (09/09/2021).

Dia menambahkan, azan berisi kalimat-kalimat yang utama sehingga tidak dibenarkan mempermainkan azan dan menggunakannya untuk hiburan.

Atas tindakannya tersebut, stasiun televisi asal Korea Selatan ini telah meminta maaf. Tim produksi berdalih tidak suara elektronik dari lagu tersebut cocok sebagai musik latar program.

"Kami tentu tidak memiliki niat lain. Kami dengan tulus meminta maaf atas ketidaknyamanan yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh kemungkinan mengingat sajak tertentu. Menghargai kritik Anda, video akan diunggah ulang setelah mengganti musik latar," tulisnya dalam akun Instagram resmi.

Editor : Dhita Seftiawan