Subsidi BBM Pertalite Ditambah 2,6 Juta Kiloliter, Ini Alasannya

Icon CameraSuparjo Ramalan
Rabu 18 Januari 2023 22:15 WIB
Subsidi BBM Pertalite Ditambah 2,6 Juta Kiloliter, Ini Alasannya
Pemerintah memberi subsidi 2,6 juta kiloliter untuk BBM jenis Pertalite pada 2023. (Foto: celebrities.id/MNC)

JAKARTA, celebrities.id - Kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite mengalami peningkatan permintaan. Karena itu, pemerintah memberi subsidi 2,6 juta kiloliter pada tahun ini.

Kabar tersebut dibenarkan Kementerian BUMN yang mencatat penambahan subsidi BBM jenis Pertalite sebesar 2,6 juta kiloliter (KL) tahun ini didasarkan atas permintaan konsumen

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mencatat, permintaan BBM jenis RON 90 itu mengalami peningkatan dari segi konsumsi. Dia menganalogikan jika ada penambahan subsidi Pertalite, maka ada kekurangan stok untuk subsidi bahan bakar tersebut. 

"Kalau ada penambahan itu, logikanya pasti ada kekurangan. Sederhana aja, berarti pemakaian Pertalite tinggi, naik," kata Arya saat ditemui di gedung Kementerian BUMN, Rabu (18/1/2023). 

Penambahan subsidi Pertalite tidak saja berkaitan dengan kebutuhan masyarakat. Namun juga terkesan kontradiktif dengan program percepatan pencapaian target bauran energi 23 persen pada 2025 yang tengah digalakkan pemerintah. 

Dalam program tersebut, pemerintah menekan penggunaan bahan bakar berbasis fosil dan memasifkan penggunaan listrik. 

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2