Sumber Kekayaan Sir Jim Ratcliffe, Pengusaha Terkaya Inggris yang Diisukan Beli Manchester United

Icon CameraAnggi Astuti
Kamis 19 Januari 2023 18:09 WIB
Sumber Kekayaan Sir Jim Ratcliffe, Pengusaha Terkaya Inggris yang Diisukan Beli Manchester United
Sumber kekayaan Sir Jim Ratcliffe. (Foto: Daily Mail)

JAKARTA, celebrities.id – Sumber kekayaan Sir Jim Ratcliffe tengah menjadi sorotan. Pasalnya pengusaha terkaya di Inggris itu dikabarkan hendak membeli saham Manchester United (MU) dari keluarga Glazer.

Ratcliffe merupakan pria kelahiran 1952 yang dikenal sebagai pengusaha kaya raya. Meski demikian, Ratcliffe lahir dari keluarga sederhana. Ayahnya dulu berprofesi sebagai tukang kayu. 

Sementara, sang ibu seorang pegawai di kantor akuntan. Dilansir berbagai sumber, simak sumber kekayaan Sir Jim Ratcliffe berikut.

Sumber Kekayaan Sir Jim Ratcliffe

Menurut The Sunday Times tahun 2022, Ratcliffe tercatat sebagai orang terkaya ke-27 di dunia. Dia juga disebut pengusaha terkaya ketiga di Inggris pada 2019. Kekayaannya diperkirakan mencapai 7,4 miliar dolar AS atau setara RP111,79 triliun.

Meski dinobatkan sebagai orang terkaya, Ratchliffe memiliki kepribadian rendah hati dan tertutup. Sebelum mendapat gelar orang terkaya, dia hanya terkenal di kalangan pebisnis saja. 

Sumber kekayaan Ratcliffe berasal dari Ineos Group. Perusahaan yang bergerak di industri oli, gas, dan bahan kimia. Ineos menghasilkan beberapa produk, seperti minyak sintetis, plastik, juga pelarut untuk membuat insulin dan antibiotik. 

Awalnya Ratcliffe bekerja sebagai insinyur kimia di Exxon Chemicals. Kemudian dia tertarik mempelajari bidang lain dan melanjutkan kuliah di London Business School. Setelah itu, Ratcliffe mengakuisisi perusahaan kimia, Inspec Group.

Dilansir Daily Mail, Kamis (19/1/2023), Ratcliffe baru memulai bisnis pertamanya saat berusia 45 tahun pada 1998 lalu. Dia mendirikan perusahaan sendiri bernama Ineos.

Setelah 20 tahun berlalu, perusahaan yang dibangun dari nol berubah menjadi sumber kekayaan untuk Ratchliffe. Pendapatan Ineos mencapai 45 miliar pounds per tahun.

Editor : Hadits Abdillah

Follow Berita Celebrities di Google News