Sumenep Sajikan Puluhan Destinasi Wisata, Pulau Gili Iyang Punya Kadar Oksigen Terbaik Kedua di Dunia

Icon CameraLukman Hakim
Sabtu 19 November 2022 08:42 WIB
Sumenep Sajikan Puluhan Destinasi Wisata, Pulau Gili Iyang Punya Kadar Oksigen Terbaik Kedua di Dunia
Gili Iyang di Sumenep. (Foto: instagram @rizahimawan)

SURABAYA, celebrities.id - Bupati Sumenep Achmad Fauzi optimistis kabupaten Sumenep menjadi destinasi wisata baru di Jawa Timur (Jatim) bahkan sampai tingkat nasional.

Kabupaten di ujung timur pulau Madura itu punya berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti pantai, desa wisata keris di Aeng Tongtong hingga Pulau Gili Iyang, yang kadar oksigennya tertinggi kedua di dunia.

"Kita meyakini bahwa Sumenep punya daya tarik tersendiri. Beberapa destinasi kita tidak hanya bahari saja, ada heritage, bahari alam dan buatan. Ini yang buat kita yakin bahwa Sumenep menjadi tujuan wisata bagi masyarakat Jatim," katanya di Surabaya, Jumat (18/9/2022).

Orang nomor satu di Sumenep itu mengaku total ada 17 destinasi tujuan wisata di kabupaten Sumenep. Bahkan, beberapa wisata unggulan di wilayah itu sudah meraih penghargaan di tingkat nasional.

Desa Aeng Tongtong berhasil memecahkan Rekor MURI sebagai Desa Dengan Empu Keris Terbanyak di dunia. Dan kedua, Desa Aeng Tong Tong juga dinobatkan sebagai Juara I ADWI 2022 Kategori Daya Tarik Pengunjung.

"Salah satu contoh, kemarin kita mendapatkan juara satu hutan mangrove dari kementerian desa. Selain itu ada desa wisata keris di Aeng Tongtong yang produk kerisnya menjadi souvenir resmi KTT G20 di Bali. Itu yang menjadi kami yakin bahwa Sumenep menjadi tempat menarik untuk dikunjungi," tuturnya.

Pria yang gemar memakai blangkon itu menuturkan, bagi penggemar snorkling dan diving bisa menyelam di pulau Gili Labak yang menyuguhkan pemandangan bawah laut cukup indah.  

"Ada Gili Labak kalau suka diving dan snorkling kita meyakini tidak kalah dengan Bunaken. Terus ada Pantai Sembilan, pantai Salopeng, pantai Lombang dan dan pantai Kasogi yang nanti kita buat city tour," katanya.

 

1
/
2