Sunroof, Moonroof dan Panorama Roof pada Atap Mobil, Apa Bedanya?

Tangguh Yudha
Jumat 03 Juni 2022 17:15 WIB
Sunroof, Moonroof dan Panorama Roof pada Atap Mobil, Apa Bedanya?
Jangan salah,Ā sunroof, moonroof, dan panorama roof yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kebanyakan orang menyamaratakan sebutan untuk kaca atap mobil sebagai sunroof. Padahal, istilah kaca atap mobil tidak sesempit itu. Ada beberapa jenis kaca atap mobil mulai dari sunroof, moonroof, dan panorama roof yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri.

Meskipun fungsinya sama, untuk memungkinkan penumpang dapat menikmati pemandangan di luar mobil, berikut ini perbedaan signifikan dari tiga jenis kaca atap mobil tersebut.

Sunroof

Sunroof merupakan model kaca atap mobil yang bila dibuka mampu membentuk sudut tertentu atau naik menuju ke atas atap. Kaca atap dapat keluar sehingga udara bisa masuk melalui sunroof. Semula ini digunakan sebagai teknologi ventilasi bus.

Seiring berjalannya waktu, sunroof memiliki panel khusus yang ketika dibuka bukan hanya membawa kesejukan udara segar dari luar mobil tapi juga memungkinkan penumpang menikmati cantiknya pemandangan saat melakukan perjalanan.

Moonroof

Sebenarnya moonroof tidak jauh beda dengan sunroof. Bila sunroof mengangkat kaca, sebaliknya, moonroof justru memasukkan kaca ke dalam atap sehingga tidak mengganggu aliran udara.

Ā 

1
/
2