Suporter Sepak Bola Boleh Ramaikan Gelaran Liga 1 2022-2023, Ini Imbauan Kemenkes

Icon CameraCikal Bintang Raissatria
Selasa 19 Juli 2022 22:31 WIB
Suporter Sepak Bola Boleh Ramaikan Gelaran Liga 1 2022-2023, Ini Imbauan Kemenkes
Suporter Sepak Bola Boleh Ramaikan Gelaran Liga 1 2022-2023, Ini Imbauan Kemenkes. (Foto:celebrities.id/ MPI Cikal Bintang)

JAKARTA, celebrities.id - Para penggemar sepak bola diperbolehkan hadir di kompetisi kasta tertinggi Indonesia, Liga 1 2022-2023. Namun para suporter yang hadir diharapkan tetap patuh pada protokol kesehatan (Prokes).

Seperti diketahui, gelaran Liga 1 2022-2023 tinggal menghitung hari. Kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia itu akan dimulai pada 23 Juli 2022. Sama seperti perhelatan Piala Presiden 2022, jumlah penonton yang diperbolehkan hadir akan disesuaikan dengan level PPKM di daerah masing-masing.

Oleh sebab itu, Kementerian Kesehatan dan Satuan Tugas Covid-19 (Satgas Covid-19) berharap suporter patuh pada protokol kesehatan.

"Kami sangat berharap pelaksanaan liga sepak bola ini dapat berjalan dengan aman dan sukses. Dan kita tidak terjadi peningkatan kasus selanjutnya," kata Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan, dr. Endang Budi Hastuti kepada awak media di Wisma Kemenpora, Jakarta pada Selasa (19/7/2022).

"Dan kami juga akan berkoordinasi dengan daerah dan dinas kesehatan dan juga lintas sektor lainnya di daerah agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Di saat yang bersamaan Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB, Raditya Jati yang juga merupakan perwakilan Satgas Covid -19 juga ikut memberikan keterangannya.

"Kami akan berkoordinasi dengan kepanitiaan bahwa Prokes tetap harus dilaksanakan. Kita juga perlu memantau bagaimana leveling PPKM-nya," ujar Raditya.

Sementara, terkait dengan perizinan penonton, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali mengatakan keputusan ada di tangan Polri. Nantinya, izin penonton akan dikeluarkan sebelum pertandingan.

"Jadi dari Polri akan mendukung pelaksanaan kegiatan ini baik dari sisi perizinan, maupun masalah pengamanan. Untuk jumlah komponen (personel) nanti akan disesuaikan (dengan daerah) masing-masing,” ujar Zainuddin.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra