Swab Antigen Elecsys, Cara Baru Deteksi Covid-19 di Tubuh

Leonardus Selwyn Kangsaputra
Kamis 03 Juni 2021 17:14 WIB
Swab antigenakan kurang efekti setelah seseorang divaksin Covid-19. (Foto: celebriities.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Di saat sebagian masyarakat Indonesia sudah mendapatkan vaksinasi, Celeb Hitz perlu menyadari bahwa pandemi Covid-19 belum usai. Menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan melakukan tes Covid-19 tetap menjadi hal yang perlu dilakukan setiap individu, terutama bagi mereka yang sudah aktif bekerja dari kantor dan memiliki mobilitas tinggi.

Melakukan tes merupakan langkah penting di masa pandemic karena semakin cepat seseorang teridentifikasi dan tertangani, semakin cepat pula wabah virus corona dapat ditanggulangi. Salah satu inovasi terbaru yang dapat dilakukan masyarakat untuk mendeteksi Covid-19 adalah dengan melakukan swab antigen elecsys.

Swab antigen elecsys merupakan metode tes antigen terbaru dengan performa tinggi yaitu dengan sensitivitas 94.5% dan spesifisitas 99.9% pada CT Value < 30 yang berarti mampu mendeteksi lebih akurat sampel dengan jumlah virus yang lebih rendah dibandingkan rapid antigen biasa.

Pengambilan sampel untuk tes ini dilakukan dengan cara usap nasofaring, yakni mengumpulkan cairan atau sampel dari bagian belakang hidung. Hasil swab antigen elecsys menggambarkan kondisi saat pengambilan sampel.

 

1
/
2