Syawalan, Warga Batang Arak Ketupat Raksasa Keliling Kampung

Suryono Sukarno
Senin 09 Mei 2022 22:24 WIB
Syawalan, Warga Batang Arak Ketupat Raksasa Keliling Kampung
Ratusan warga Desa Ponowareng, Batang, Jawa Tengah, gelar tradisi syawalan mengarak ketupat raksasa keliling kampung. (Foto: celebrities.id/Suryono Sukarno)

BATANG, celebrities.id - Ratusan warga Desa Ponowareng, Batang, Jawa Tengah, memeriahkan tradisi syawalan dengan mengarak ketupat raksasa keliling kampung.

“Kegiatan ini bisa terlaksana kembali setelah dua tahun terhenti karena adanya Pandemi Covid-19. Ini merupakan salah satu tradisi budaya masyarakat pesisir pantura yang banyak dilaksanakan di berbagai tempat salah satunya Grebeg Syawalan yang digelar di Desa Ponowareng, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang," kata Camat Tulis, Joko Prasetiyo di dampingi Kepala Desa Ponowareng Widodo, Senin (9/5/2022).¬†

Joko melanjutkan kegiatan ini merupakan bentuk kearifan lokal yang harus dipertahankan, agar budaya dan adat istiadat dapat tetap lestari.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga tradisi nguri-uri budaya ini bisa terjaga dan dilestarikan oleh generasi penerus. Warga sangat antusias mengikuti tradisi tahunan yang diadakan tujuh hari setelah Lebaran," katanya. 

Yang menarik dari tradisi ini, ialah soal makna mendalam soal kebersamaan antar warga. 

Ketupat berukuran 1×1 meter ini diarak secara bersama, dan di momen itu juga diselingi dengan silahturahmi dengan warga setempat.

Sementara itu, ketua panitia Grebeg Syawal Desa Ponowareng Sudarto menjelaskan, selain menyediakan ketupat raksasa. Panitia juga menyediakan ketupat dan lontong ukuran normal sebanyak 1.300 buah, dan hasil bumi atau polowijo yang ditanam oleh masyarakat.

Editor : Imantoko Kurniadi