Tajir Melintir! Inilah Deretan Hotel Mewah Milik Pangeran Arab, Salah Satunya Four Seasons Hotels di Jakarta

Andin Danaryati
Sabtu 13 November 2021 23:26 WIB
Tajir Melintir! Inilah Deretan Hotel Mewah Milik Pangeran Arab, Salah Satunya Four Seasons Hotels di Jakarta
Salah satu hotel milik Pangeran Al-Waleed bin Talal yang ada di Jakarta. (Foto: Traveloka)

JEDDAH, celebrities.id - Pangeran Al-Waleed bin Talal, salah satu keponakan Raja Salman ini memiliki harta kekayaan mencapai 30 miliar dolar AS pada 2017. Karenanya, dia disebut-sebut sebagai orang terkaya nomor satu di Arab Saudi. 

Melansir Forbes, dikelilingi kemewahan tidak membuat Pangeran Alwaleed hanya diam dan menikmati limpahan harta yang dimilikinya. 

Setelah menyelesaikan studi di Menlo College dan Syracuse University, dia merintis dunia bisnis dengan mendirikan perusahaannya sendiri, Kingdom Holding Company. Kemahiran sang pangeran dalam berbisnis dan berinvestasi membuatnya mendapat julukan sebagai Warren Buffett-nya Arab Saudi. Sebagian besar bisnisnya difokuskan pada sektor properti komersial, seperti saham di bidang perhotelan. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa hotel yang sahamnya dimiliki Pangeran Alwaleed: 

1. Four Seasons Hotels & Resorts 

Dengan kantor induk yang terletak di Toronto, Kanada, Four Seasons merupakan jaringan hotel dan resort mewah yang mengoperasikan lebih dari 100 hotel dan resort di seluruh dunia. 

Salah satu cabang dari perusahaan ini terletak di Jakarta. Sejak 2006 lalu, Pangeran Al-Waleed bersama dengan Bill Gates telah menjadi pemilik saham utama di perusahaan ini. 

Sang pangeran sendiri memiliki hampir setengah bagian saham untuk Four Seasons. Hingga pada 10 September 2021, Bill Gates dikabarkan membeli 23,8% saham yang dimiliki Pangeran Alwaleed seharga 2,21 miliar dolar AS, atau setara dengan Rp31,5 triliun. 

2. Movenpick Hotels & Resorts 

Seperti Four Seasons, Movenpick Hotels & Resorts juga merupakan jaringan perhotelan yang tersebar di seluruh dunia dengan 84 hotel yang tersebar di 27 negara. 

 

1
/
2