Tak Boleh Konsumsi Daging Merah, Mitos Diet Keto yang Salah 

Rizky Pradita Ananda
Senin 31 Mei 2021 18:05 WIB
Makanan olahan daging untuk yang melakukan diet Keto (Foto: celebrities.id/Rizky Pradyta Ananda)

JAKARTA, celebrities.id – Diet keto, salah satu program diet yang saat ini tengah tren di masyarakat. Sayangnya, banyak mitos salah tentang diet keto yang beredar di masyarakat.

Salah satunya adalah dilarangnya mengonsumsi daging merah seperti daging sapi. Jika mau mengonsumsi makanan lebih dianjurkan daging putih seperti daging ayam.

Terkait hal ini, Emilia Ahmadi, seorang ahli gizi mengatakan bahwa mitos tersebut adalah salah. Sebab, diet keto sendiri pakemnya adalah menurunkan tingkat konsumsi karbohidrat dan meninggikan asupan protein, yang mana salah satunya bisa diperoleh dari daging merah. 

“Diet keto itu yang betul adalah turunkan karbohidrat, naikkan protein lewat lemak. Anggapan daging putih itu aman dari kolesterol itu salah. Daging dada ayam itu potongan daging ayam justru bagian potongan tertinggi kolesterolnya,” ujar Emilia, kala ditemui MNC Portal Indonesia di “Konferensi Pers Jakarta Beef Up Festival 2021, di Pasific Place, Jakarta, Senin (31/5/2021). 

Emilia menambahkan, dalam program diet keto, daging merah seperti daging sapi boleh untuk dikonsumsi. Namun, ia menyarankan diet keto dijalankan dengan konsumsi daging sapi Australia yang punya kandungan gizi, berbeda dari daging sapi khususnya daging sapi lokal pada umumnya. 

“Kalau mau diet keto, make sure dagingnya daging sapi Australia. Kenapa? Karena jenis lemaknya daging Australia ini spektrumnya beda, omega 3 dan 9 nya balance,” ucap Emilia.

Editor : Hadits Abdillah