Tak hanya Sembako, Bersalin Pun Kena Pajak, Selengkapnya di iNews Siang Senin Pukul 11.00 WIB

MNC Media
Senin 14 Juni 2021 11:00 WIB
Saksikan iNews Siang setiap hari mulai pukul 11.00 WIB. (Foto: celebrities.id/MPI)

JAKARTA, celebrities.id - Pemerintah berencana mengenakan pajak pertambahan nilai (PPN) pada bahan pokok atau sembako, jasa pendidikan atau sekolah. Tak hanya itu, pengenaan pajak juga akan dilakukan pada jasa rumah bersalin.

Rencana pemungutan pajak jasa rumah bersalin tertuang dalam draft Perubahan Kelima Atas Undang-undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).

Adapun ketentuan dalam Pasal 4A dihapus dalam draft tersebut. Pada Pasal 4A Ayat 3, jasa pelayanan kesehatan medis yang terdapat dalam poin A dihapus dari jenis jasa yang tidak dikenakan PPN. Artinya, jasa pelayanan kesehatan medis, termasuk jasa rumah bersalin bakal dikenai pajak.

Tidak hanya itu, nantinya tarif PPN juga akan meningkat menjadi 12% dari yang berlaku saat ini sebesar 10%. Sementara itu, tarif PPN sebagaimana dimaksud pada ayat (1) draft UU KUP dapat diubah menjadi paling rendah 5% dan paling tinggi 15%.

Saksikan informasi selengkapnya di iNews Siang pukul 11.00 wib bersama Fandi Hasib dan Loviana Dian secara langsung hanya di televisi milik MNC Group, iNews. Program ini dapat diikuti melalui laman www.rctiplus.com dan aplikasi RCTI+, unduh segera di Google Play Store dan Apple App Store.
 

Editor : Mohammad Saifulloh