Tak Kalah Canggih dengan Mobil Joe Biden, Jokowi juga Punya Kendaraan Berkelas VVIP Kepresidenan 

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Senin 14 November 2022 21:07 WIB
Tak Kalah Canggih dengan Mobil Joe Biden, Jokowi juga Punya Kendaraan Berkelas VVIP Kepresidenan 
Mercedes-Benz S600 Guard menjadi mobil dinas baru Presiden Jokowi. (Foto: Autocar.co.uk)

JAKARTA, celebrities.id – Kepala negara sudah mulai berdatangan untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022. Beberapa ada yang membawa mobil kepresidenan sendiri untuk meningkatkan keamanannya.

Salah satu yang membawa mobil dinas sendiri adalah pemimpin Amerika Serikat, Joe Biden. Setelah turun dari Air Force One, Biden langsung dijemput oleh ‘The Beast’, yang memang biasa dibawa ke berbagai negara saat kunjungan presiden.

‘The Beast’ merupakan Cadillac One yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tahan terhadap berbagai serangan. Kabarnya, AS menghabiskan menghabiskan dana sebesar 15 juta Dolar AS atau setara Rp232,6 miliar untuk pengembangan ‘The Beast’.

Tak kalah dengan Joe Biden, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga punya ‘Benteng Berjalan’ sendiri, yakni Mercedes-Benz S600 Guard. Meski tak dirakit secara khusus, tapi mobil ini memiliki spesifikasi yang tak kalah canggih.

Mercedes-Benz S600 Guard menjadi mobil dinas baru Jokowi setelah Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) memberlakukan pengadaan atas kendaraan kepresidenan VVIP pada 2019 lalu.

“Sesuai hasil pengadaan, dari beberapa penyedia yang memasukkan penawaran, Kementerian Sekretariat Negara RI memutuskan Mercedes-Benz Indonesia untuk menyediakan 2 (dua) unit mobil Mercedes-Benz S600 Guard sebagai kendaraan kelas VVIP Kepresidenan,” tulis Setneg dalam laman resminya seperti dikutip, Senin (14/11/2022).

Sekadar informasi, Mercedes-Benz S600 Guar sebenarnya dijual secara umum dan siapa pun bisa memilikinya. Namun, untuk mobil kepresidenan, diyakini pabrikan Jerman itu melakukan beberapa perubahan demi menambah tingkat keamanan.

Mengenai spesifikasi, Mercedes-Benz S600 Guard memiliki fitur keselamatan yang dilengkapi bodi baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7. Lapisan baja itu dapat menahan tembakan dari senapan M60, M14, dan FAL-FN.

Perlindungan VR10 akan memberikan perlindungan terhadap fragmen yang muncul dari ledakan. Seluruh kaca juga menggunakan bahan polycarbonate khusus anti peluru dan bahan peledak ringan.

 

1
/
2